PERINGATI HARI PAHLAWAN, PASAR BAHULAK GELAR WAYANG KULIT

Surakarta, indonews.tv – Jika dikaitkan dengan dunia millenial sekarang ini, sering orang mengatakan bahwa jiwa Nasionalisme kita yang harusnya dibangkitkan kembali, tentang wawasan kebangsaan warga Indonesia harus diasah lebih tajam untuk mencintai TanahAir Indonesia, apalagi menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 ini.

Maka tepat 4 November 2022, warga Pasar Bahulak telah mengadakan sebuah pagelaran wayang kulit untuk pertama kalinya, acara ini digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Pasar Bahulak yang ke-2. Diadakan di Pasar Bahulak, Sawahan, Desa Karungan, Kec. Plupuh, Kab. Sragen pada 4 Nov 2022, pukul 21.00 – 03.00 WIB.
Diselenggarakan oleh Tim yang terdiri dari Universitas Negri Jakarta (UNJ), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI) yang berkolaborasi dengan Pemerintah Desa untuk menjalankan sebuah program dari Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Menampilkan dalang asal Klaten yaitu Ki Warseno Slank, dengan judul cerita “Baladewa Mbangun Pasar”.

Ditemui disela-sela acara Joko Sunarso selaku Ketua Pelaksana Pagelaran ini menjelaskan ” Diselenggarakan acara ini tentu dengan adanya harapan dan tujuan. Pertama, lebih menekankan lagi budaya yang ada di Indonesia terutama wayang kulit ini, yang sekarang sudah jarang sekali ditemukan, dan juga bagaimana anak muda zaman sekarang bisa mengenal dan mencintai serta mempunyai ketertarikan dengan cerita-cerita dalam wayang kulit”.

“Kedua, sebagai alat promosi untuk pasar wisata yang berada di Desa Karungan ini, yaitu Pasar Bahulak. Dengan adanya pagelaran wayang kulit ini, diharapkan Pasar Bahulak semakin dikenal luas, baik itu Nasional maupun Intermasional, ujar Joko Melengkapi”. (@red – Muhammad Aulia Arsya- mahasiswa ISI Surakarta)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)