Mobil Listrik Lebih Sulit Dipadamkan Dari Mobil Biasa

Jakarta – Sekarang sudah banyak kita bisa lihat mobil listrik berseliweran di jalan-jalan khususnya kota-kota besar, kadang kita tidak bisa membedakan mana mobil listrik dan mana mobil berbahan Bakar sejenis premium dan sebagainya.

Ciri-Ciri Mobil Listrik

Bentuknya sama, warnanya juga sama dan lajunya sama, itulah bentuk kecanggihan mobil jaman Now, ketika kita bisa melihat isi dalamnya mungkin kita bisa tahu kalo …oooww mobil ini mobil listrik yaa..!. Akan tetapi ciri yang paling mudah adalah jika anda melihat plat nomor dari mobil tersbut, yaa mobil listrik mempunyai garis warna biru muda (agar mudah dilihat) pada bagian bawahnya. Nah jika anda mengetahui ada garis warna biru muda pada palt nomor mobil atau motor di ajalan-jalan, maka bisa dipastikan mobil atau motor tersebut adalah mobil atau motor listrik, sekarang jadi paham bukan ?

Mobil listrik akan lebih sulit dipadamkan jika terbakar, kenapa ?

Siapapun tidak menginginkan terjadi kendala mobilnya terbakar, Nah terbakarnya baterai mobil listrik masih menjadi momok besar bagi penggunanya. Apalagi upaya memadamkan api dari baterai kendaraan listrik yang terbakar sangat sulit.

Umumnya, kebakaran yang diakibatkan oleh baterai pada mobil listrik akan membuat api bertahan sangat lama hingga turut membuat mobil tersebut hangus, terbakar habis. Api dapat bertahan lama karena baterai mobil listrik menyimpan sumber panasnya sendiri, jadi ketika terjadi arus pendek maka tak jarang baterai akan membakar semua bagian hingga tak tersisa.

Nah, sebagai gambaran, kita dapat melihat wujud baterai sebuah mobil listrik yang sudah hangus akibat dilahap si jago merah dari video yang diunggah oleh akun bernama @suppli71 di media sosial TikTok.

Hyundai Bangun Pabrik Perakitan Baterai Mobil Listrik di Cikarang Senilai Rp 900 M
car battery,Tentu ancaman ini perlu menjadi perhatian bagi berbagai pihak, baik itu pemerintah, produsen, maupun pemilik mobil listrik itu sendiri. Dengan begitu, kita perlu mengetahui apa-apa saja langkah pencegahan dan penanganan yang bisa dilakukan untuk menghadapi terbakarnya kendaraan listrik.

Mencegah Terbakarnya Baterai Kendaraan Listrik
Hal mendasar yang perlu dipahami adalah penyebab terjadinya kebakaran. Perlu diketahui bahwa penyebab dari kebakaran pada baterai mobil listrik umumnya terjadi akibat adanya overcharging pada kendaraan tersebut. Kemudian paparan suhu yang sangat ekstrem juga bisa menjadi salah satu penyebab lainnya.

Dengan begitu, langkah pencegahan terbaik agar mobil listrik tidak terbakar adalah dengan tidak membiarkan mobil tersebut mengalami overcharging secara terus menerus.

Memang menangani kebakaran pada baterai mobil listrik tidaklah mudah dan tidak boleh sembarangan. Jika kebakaran terlanjur terjadi kebakaran maka langkah satu-satunya adalah memadamkannya dengan alat pemadam api ringan (APAR) saat api belum begitu besar.

Dibutuhkan APAR Khusus “Senyawa Potassium”
Namun, APAR yang mampu memadamkan api pada baterai lithium-ion di mobil listrik bukanlah APAR konvensional yang berbahan dasar bubuk atau powder. Melainkan APAR yang berjenis water based chemical dan mengandung senyawa Potassium yang mampu memadamkan api dari baterai lithium yang memiliki temperatur api lebih dari 1.200 derajat celcius. (@dari beberapa sumber)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)