JANGAN KONSUMSI KENTANG YANG SUDAH BERTUNAS. KENAPA ?

indonews.tv – Kentang goreng (French fries) jika kita beli di gerai makanan saji harganya lumayan mahal dan memang rasanya enak. Kentang juga bisa dipakai untuk bahan masakan lain yang enak juga rasanya.
Akan tetapi jangan pernah mengkonsumsi kentang yang sudah tumbuh tunasnya, ternyata bisa mengakibatkan kematian, kentang bertunas itu mengandung senyawa solanine beracun, Solanin adalah racun kelompok Glikolakoloid, memiliki unit alkaloid yang bergabung dengan gula didalamnya.
Solanin ditemukan pada kelompok tumbuh-tumbuhan Solanasae, misalnya kentang, pada saat kentang tumbuh tunas maka solanin meningkat, indikasi warna hijau pada kentang maka kentang sudah mengeluarkan klorofil dan siap ditanam dan mengandung racun Solanin yang tinggi.
Namun perlu diketahui kenapa pada saat tunas muncul pada kentang ?
Yang ternyata kentang sengaja meningkatkan konsentrasi Solanin tersebut seiring dengan tumbuhnya Tunas pada warna hijau pada kentang ketika mengeluarkan Tunas sebenarnya diindikasikan bahwa telah memproduksi klorofil dan siap ditanam namun perlu diketahui juga warna hijau ini ternyata juga mengindikasikan bahwa kentang juga mengandung Solanin yang tinggi.
Kenapa kentang menaikkan konsentrasi racun solanine ? Hal ini bertujuan sebagai pertahanan diri untuk melawan mangsa seperti serangga dan hewan pemakan tumbuhan dan solanin pada kentang ini tidak bisa hilang meskipun telah melalui proses pengolahan atau dimasak dalam jangka waktu yang lama. mengutip dari Medical News Today saat seseorang tinggi gejala yang ditimbulkan seperti demam sakit kepala, sakit perut diare, yang lebih rendah dari biasanya muntah nadi melambat dan pernapasan dalam beberapa kasus Bahkan kondisinya bisa mengakibatkan kematian hal itu pernah kejadian di Cina tentang kejadian akibat mengkonsumsi kentang yang tinggi kita menimpa satu keluarga. (@redaksi-dari berbagai sumber)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)