Indonesia masuk Daftar Keluarga Terkaya di Asia

Indonews.tv – Bloomberg merilis daftar 20 keluarga konglomerat atau terkaya se-Asia. Dalam daftar tersebut, hampir semua orang-orang kaya ini tersebar di berbagai negara. Mulai dari Indonesia, India, Hong Kong, Thailand, Taiwan hingga Korea Selatan.
Berikut ini daftar 3 keluarga konglomerat terkaya di Asia versi Bloomberg yang dilansir dari tbsnews.net :
1. Ambani – India : Rp1.202,66 Triliun
Konglomerat asal India, Dhirubhai Ambani menjadi keluarga terkaya di Asia dengan harta kekayaan USD79,3 miliar atau setara Rp1.202,66 triliun.
Ayah dari Mukesh dan Anil ini mulai membangun pendahulu Reliance Industries pada akhir 1950-an. Setelah Dhirubhai meninggal pada tahun 2002 tanpa meninggalkan surat wasiat, jandanya menjadi perantara penyelesaian antara putra-putranya untuk menguasai kekayaan keluarga.
Mukesh sekarang memimpin konglomerat yang berbasis di Mumbai. Beberapa lini bisnis yang dipegang Mukesh yaitu penyulingan minyak terbesar di dunia dan telah berkembang menjadi teknologi, ritel, dan energi hijau, dengan anak-anaknya yang bertanggung jawab atas berbagai unit bisnis tersebut.
Saat ini dia tinggal di sebuah mansion 27 lantai yang disebut-sebut sebagai kediaman pribadi termahal di dunia.

2. Hartono Bersaudara – Indonesia: Rp588,44 Triliun
Pendiri Djarum dan Bank Central Asia (BCA) ini menjadi keluarga terkaya kedua se-Asia. Total harta kekayaan keluarga konglomerat ini sebesar USD38,8 miliar atau setara Rp588,44 triliun.
Mulanya, Oei Wie Gwan membeli merek rokok pada tahun 1950 dan menamainya Djarum. Bisnis tersebut berkembang menjadi salah satu pembuat rokok terbesar di Indonesia.
Setelah Oei meninggal pada tahun 1963, anak-anaknya melakukan diversifikasi dengan berinvestasi di Bank Central Asia. Taruhan itu sekarang merupakan sebagian besar kekayaan keluarga.
Sebagai informasi, PT Global Digital Niaga yang didukung Djarum, pemilik grup e-commerce Blibli, memiliki IPO terbesar kedua di Indonesia tahun 2022.

3. Kwok Tak Seng – Hong Kong: Rp527,77 Triliun
Keluarga konglomerat Kwok Tak Seng memiliki harta kekayaan senilai USD34,8 miliar atau setara Rp527,77 triliun. Hal ini membuat dirinya menjadi keluarga terkaya ketiga di Asia.
Kwok Tak-seng mendaftarkan Sun Hung Kai Properties pada tahun 1972. Perusahaan tersebut telah menjadi salah satu pengembang real estate terbesar di Hong Kong dan basis kekayaan keluarga Kwok.
Anak laki-lakinya, Walter, Thomas dan Raymond, memegang kendali ketika dia meninggal pada tahun 1990. Meskipun Walter kehilangan kepemimpinannya pada tahun 2008 setelah perseteruan dengan saudara laki-lakinya, Raymond sekarang memimpin bisnis.
Sebagai informasi, UBS akan memindahkan kantornya di Hong Kong ke proyek tenggara baru Sun Hung Kai di West Kowloon setelah selesai pada tahun 2025 mendatang. (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)