Wakil KPK Nurul Ghufron Kecewa, Koruptor Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Menciderai Marwah Pahlawan

indonews.tv- Ada suara kekecewaan dari anggota KPK, tentang posisi Eddy Rumpoko, mantan Wali Kota Batu yang meninggal pada Kamis, 30 November 2023 lalu. Sebelumnya dari beberapa orang sudah berbisik-bisik.
Kali ini Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron bersuara tentang dimakamkamnya Eddy Rumpoko di taman makam pahlawan. Nurul Ghufron menyesalkan adanya koruptor yang dimakamkam di taman makam pahlawan.
“Kami menyesalkan seseorang yang berdasarkan putusan hukum dinyatakan korupsi dimakamkan di taman pahlawan,” kata Ghufron dikutip dari Tempo, Ahad, 10 Desember 2023.
Kegerahan Nurul Ghufron, pelaku korupsi telah merugikan dan mengkhianati rakyat dan negara Indonesia. Maka, tidak layak dimakamkan di taman makam pahlawan, bahkan justru menurunkan citra pahlawan yang berdedikasi untuk bangsa dan negara.
“Mohon maaf, ini menurunkan bahkan mencederai hormat dan penghargaan kepada para pahlawan,” kata Ghufron. Ia menambahkan, jika memang Eddy Rumpoko memiliki banyak penghargaan semasa menjabat, seharusnya gugur saat eks politikus PDIP itu terbukti korupsi dan tidak layak dimakamkan di taman makam pahlawan.
“Ini menunjukkan komitmen dan penghayatan terhadap penghormatan kepada Pahlawan, begitu formalitasnya,” kata Ghufron.
Eddy Rumpoko terjerat dua kasus korupsi yang ditangani KPK. Pada kasus pertama, Eddy Rumpoko kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 2017. Dalam kasus itu, Majelis hakim menyatakan Eddy Rumpoko terbukti menerima suap Rp 295 juta dan satu unit mobil Toyota Alphard dari pengusaha. Eddy dihukum 3 tahun penjara di pengadilan tingkat pertama. Di tingkat kasasi, hukumannya diperberat menjadi 5 tahun 6 bulan penjara.
Eddy kembali terjerat kasus dugaan gratifikasi. Pada Mei 2022, Eddy divonis 7 tahun penjara oleh majelis hakim PN Surabaya. Pada tingkat banding dan kasasi, hukuman Eddy tak berubah.
Eddy Rumpoko meninggal pada Kamis 30 November 2023, saat Eddy masih menjalani hukuman atas kasus korupsi itu. Eddy kemudian dimakamkan di TMP Suropati, Jawa Timur. (@red-kutip tempo)

Related Posts

About The Author

One Response

  1. Salehuddin
    11/12/2023
kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)