WASPADA BOLEH, TAPI JANGAN PANIK ! OMICRON SUDAH MASUK JAWA TIMUR

Surabaya-indonews.tv – Jawa Timur wajib waspada, tapi jangan gusar tentang varian baru yang sudah ditemukan dari orang yang disenyalir telah melakukan perjalanan wisata dari Bali.
Dilaporkan bahwa Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi di Jawa Timur (Jatim). Suspek / Pasien pertama yang terdeteksi terjangkit disebut merupakan warga Surabaya setelah melakkukan liburan dari Bali.
dijelaskan oleh Kepala Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Maria Inge Lusida.

“Iya dari Surabaya berlibur ke Bali,” kata Prof Inge, jelasnya kepada wartawan, Minggu (2/1).

ITD Unair, kata dia sudah menerima sampel pasien dengan CT Value rendah itu pada Selasa 28 Desember 2021. Karena mencurigai sampel itu, pihak ITD langsung melakukan whole genome sequencing.

“Terbaca pada tanggal 28 Desember 2021 yang lalu, kami screening dan ada kecirigaan, maka tadi malam kepastiannya terdeteksi Omicron,” tegas dia.

Ini rananya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menjelaskan, kata Prof Inge menjelaskan. Meski demikian Inge enggan membeberkan secara rinci soal temuan pertama kasus Omicron di Jatim ini.

“Nanti ke Pak Menkes yang menjelaskan. Takut salah,” pungkas dia.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Jatim per Sabtu (1/1) terjadi pertambahan kasus Covid-19 sebanyak 15 pasien. Menjadikan total kasus aktif sebanyak 98 pasien.

Sedangkan secara kumulatif total kasus Covid-19 di Jatim berjumlah 400.081 orang, sebanyak 370.237 sembuh dan 29.746 meninggal dunia.

Total 136 Kasus Omicron, DKI Tambahan Kasus Tertinggi
Sebelumnya, Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim Joni Wahyuhadi meminta agar warga meningkatkan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Oleh sebab itu, himbauan juga datang dari berbagai pihak, untuk selalu menjaga prokes tanpa batas waktu, selalu budayakan hidup bersih dan menjaga diri sendiri berarti juga menjaga orang lain. (@bram.indonews.tv)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)