Angin Puting beliung mengamuk di Sidoarjo.

Sidoarjo-Indonews.tv- Hujan deras akhir-akhir ini sering melanda Kawasan Indonesia, tak luput pula kemarin (23/10/2022) kota Sidoarjo juga terkena perjalanan Putting Beliung, Kali ini ada puluhan pohon tumbang dan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat tersapu angin kencang yang datang bersamaan hujan deras, di Minggu (23/10/2022).

Bencana hidrometeorologi ini terjadi di sejumlah wilayah di Sidoarjo dalam waktu yang hamper bersamaan.


** Hidrometeorologi sendiri akan dijelaskan pada berita selanjutnya**


Tidak Luput juga kawasan Bundaran Aloha, di Desa Entalsewu dan Sidokepung di Kecamatan Buduran, di kawasan perumahan Kahuripan Nirvana, Citra Garden, di Jalan Kartini, dan sejumlah lokasi lain.
Angin kencang merobohkan Pohon besar di Bundaran Aloha, dan sempat menutup jalan raya.
Ada kabar, seorang warga menjadi korban dalam peristiwa itu, namun hanya mengalami luka ringan.
Akibat pohon melintang di jalan itu, macet parah pun tak terhindarkan di jalur utama penghubung Surabaya-Sidoarjo terebut.


Hujan lebat juga mengakibatkan genangan di jalan raya depan Lippo Plaza.
Di Desa Entalsewu, belasan rumah warga rusak parah akibat tersapu angin.
Mayoritas mengalami kerusakan di bagian atapnya.


“ini terjadi sekira pukul 14.30 WIB. Angin datang kencang sekali, dan berputar-putar diatas langit beberapa atap rumah warga beterbangan,” ujar warga setempat, yang tak sempat ditanya Namanya, karena kondisi panik untuk menyelamatkan diri.


Peristiwa serupa juga terjadi di kawasan Sidokepung.
Beberapa rumah mengalami kerusakan bagian atapnya saat putting beliung mengamuk di sana.
Di Jalan Kartini juga ada pohon tumbang yang menutup jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan parah.
Kemudian di kompleks perumahan Citra Garden, puluhan pohon juga ambruk akibat tersapu angin kencang yang datang bersamaan hujan deras kali ini.
Peritiwa hidrometeorologi juga merusak beberapa fasilitas Hotel di Sidoarjo.

Di kawasan Kahuripan Nirwana, Kecamatan Sidoarjo Kota yang juga dekat dengan tiga kawasan terdampak angin puting beliung juga dikabarkan mengalami hal serupa.
Sejumlah relawan nampak sibuk melakukan evakuasi terhadap pohon yang tumbang di beberapa lokasi. Utamanya pohon yang ambruk di jalan dan menganggu arus lalu lintas.

Diketahui pohon tumbang di kawasan pertokohan dan kafe di daerah Kahuripan menimpa beberapa mobil yang sedang diparkirkan disana. Bahkan salah satu pohon besar yang tumbang, sampai menutup salah satu ruas jalan di kawasan tersebut.
Di kawasan lain yakni di Jalan Raya Aloha, Gedangan, Sidoarjo, terjadi ada pohon besar yang roboh terkena angin kencang, hingga menimpa salah satu pengendara motor sampai tidak sadarkan diri.
Beruntung pengendara motor tersebut telah dilarikan ke RS Delta Surya Sidoarjo untuk dilakukan penanganan karena mengalami luka di bagian kepala.
Lalu lintas yang mengarah ke Surabaya, sempat lumpuh dan mengalami kemacetan panjang hingga simpang empat Gedangan, karena pohon yang tumbang tepat di depan PT Maspion I tersebut menutup seluruh akses jalan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali ditemani Dwijo Prawito Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, langsung melakukan inspeksi ke lapangan pada Minggu petang, melakukan peninjauan ke lokasi bencana tersebut. Tepatnya, di lokasi kawasan yang ada di Kecamatan Buduran dan sekitarnya. (*Red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)