Menkominfo Johnny G Plate setelah dilidik langsung Jadi Tersangka Kasus BTS 4G !

Indonews.tv – Menurut pengamatan indonews.tv (bram hayomi sebagai wartawan senior) dari menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sepak terjangnnya cukup meyakinkan, apalagi seluruh rakyat Indonesia sangat berharap dari sepak terjangnya, untuk bisa membuka jaringan seluas-luasnya di Indonesia, dari Sabang Sampai Merauke ibatanya begitu, karena beberapa saat tahun lalu dianangkannya jaraingan 4 G yang kana membuka mata dunia dari seluruh pojok dunia. Dan ini dibutuhkan ribuan bahkan jutaan BTS (Base Transciever Station) dimana 1 BTS saja membutuhkan biaya yang tidaklah kecil, apalagi posisinya berada di pegunungan atau bahkan tengah laut.

Rupanya perhitungan orang nomor satu di Kementeri Komunikasi dan Informatika ini salah, terbukti Mall Harga yang jaringan mereka lakukan telah terendus juga oleh KPK. Dan akhirnya menjerumuskan mereka sendiri terjaring kumparan Korupsi.

Penyidik telah mendapatkan dugaan adanya kemahalan dan pemufakatan jahat

Sebagaimana yang dilakukan oleh lima tersangka dalam perkara ini.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kemenkominfo Tahun 2020-2022. Menkominfo Johnny G Plate tersangka setelah diperiksa beberapa kali.

Status sebagai tersangka itu terlihat ketika Politikus Partai NasDem itu keluar usai menjalani pemeriksaan oleh jajaran Jampidsus, sekitar pukul 12.10 Wib Rabu (17/5)

HARUSNYA DITERAPKAN BUDAYA MALU JIKA KORUPSI
Terlihat, Johnny memakai rompi tahanan khas kejaksaan berwarna dengan tangan di borgol. Dengan langsung digelandang petugas ke mobil tahanan Kejaksaan Agung.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung kembali memeriksa Menkominfo Jhonny G Plate, hari ini Rabu (17/5). Plate diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kemenkominfo Tahun 2020-2022.

Pemeriksaan terhadap politikus NasDem ini untuk ketiga kalinya. Kejagung ingin mendalami peran Plate selaku Menkominfo terkait proyek itu karena merupakan pejabat berwenang dalam penggunaan anggaran dan pengawasan.

“Hari ini, iya diperiksa ketiga kali,” ujar Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana saat dikonfirmasi, Rabu (17/5).

Informasi dihimpun, Plate dijadwalkan diperiksa pukul 09.00 WIB di Lantai V, Gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Dirdik Jampidsus Kejagung Kuntadi menjelaskan alasan memanggil Plate untuk menjalani pemeriksaan kedua kalinya. Berkaitan dengan perannya selaku Menkominfo selaku pejabat berwenang dalam penggunaan anggaran dan pengawasan.

“Kenapa beliau kita panggil untuk memberikan keterangan, yaitu dalam rangka untuk mendalami peran beliau sebagai pengguna anggaran. Kita ingin tahu sejauh mana pengawasan dan pertanggungjawaban selaku pengguna anggaran,” kata Kuntadi saat jumpa pers, Senin (13/3).
Sebab, Kuntadi mengungkap dari hasil pemeriksaan dan penyidikan dalam perkara BTS dan Bakti Kominfo ini. Penyidik telah mendapatkan dugaan adanya kemahalan dan pemufakatan jahat, sebagaimana yang dilakukan oleh lima tersangka dalam perkara ini.

Di mana kelima tersangka yakni; Komisaris PT Solitech Media Sinergy berinisial IH; Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo; Yohan Suryanto (YS) selaku Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020; GMS selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia; dan seorang tersangka berinisial MA.

“Kita tahu, di dalam perkara ini, terdapat kemahalan dan kemahalan tersebut berasal dari hasil permufakatan jahat. Jadi kita ingin tahu sejauh mana sih fungsi-fungsi pengawasan itu dilaksanakan,” katanya.
“Selain itu kita juga ingin mengetahui, sejauh mana perencanaan pembangunan BTS ini dilaksanakan,” tambah dia. (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)