Sosialisasi Bahaya Rokok Ilegal Disajikan Melalui Kesenian Wayang

Solo-INDONEWS.TV- Berbagai cara dilakukan untuk tujuan tertentu, dengan tujuan agar pesan yang akan dicapai itu bisa tersampaikan dan mencapai goalnya, demikian cara unik yang dilakukan oleh Dirjen Bea dan Cukai Kota Surakarta yang menggandeng Pemerintah Kota Surakarta, menyelenggarakan Panggung Wayang Surakarta dalam rangka Sosialisasi tentang bahaya rokok ilegal.
Kegiatan ini berisi pertunjukan wayang kulit pada tanggal 26 – 27 Oktober 2022 di Dalem Joyokusuman, kemudian pertunjukan wayang orang pada tanggal 31 Oktober 2022 di Gedung Wayang Orang Sriwedari.

Panggung Wayang Surakarta mengusung tema “Gempur Rokok Ilegal”. Tema tersebut disosialisasikan dalam kemasan Kesenian Wayang dengan harapan mudah diterima masyarakat.

“Jika kebanyakan masyarakat ketika diberi sosialisasi secara kaku akan tidak mau, dengan diadakan sosialisasi melalui kesenian, harapannya kita bisa menarik minat masyarakat berduyung-duyung datang. Selain itu juga dengan berkesenian seperti ini sebenarnya kita itu nguri-nguri(melestarikan) budaya,” ucap Utami perwakilan Dinas Kebudayaan Surakarta.

Selain itu, dalam kegiatan ini sengaja menggandeng para seniman untuk membantu pemulihan karirnya, yang sebelumnya terdampak pandemic yang cukup lama. Para seniman ini antara lain dalang remaja, dalang dewasa, dan juga komunitas wayang orang.

Penyelenggara pada Panggung Wayang Surakarta mengajak sekitar 50 tamu undangan dan membuka pementasan untuk masyarakat umum. Selain itu, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung di kanal youtube Disbudpar Surakarta supaya dapat menjangkau penonton lebih luas.

Tujuan dari program ini adalah membantu para petani memasarkan hasil tembakaunya secara aman, legal, dan menguntungkan. Harapannya para pihak yang terlibat dalam proses bea cukai tidak menjual rokok secara ilegal. Selain itu, program ini adalah bentuk pelaksanaan tugas dari Dinas Kebudayaan Surakarta yaitu pelestarian budaya. (@red-IlhamMustofa-Mahasiswa ISI Surakarta)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)