Indonesia Kini Memiliki 37 Propinsi, setelah menambang 3 Propinsi DOB Papua (Daerah Otonomi Baru)

Indonews.tv – Jakarta – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengumumkan adanya pertambahan jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 37 dari aawal 34 propinsi, ada tiga Daerah Otonomi Baru alias DOB Papua, yaitu Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah, pada Jumat 11/11/2022 di Jakarta kemarin.
“Hari ini, secara de facto (secara nyata), provinsi di Indonesia bertambah tiga, dari 34 provinsi menjadi 37 provinsi,” ujar Tito saat meresmikan tiga provinsi tersebut di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, menyampaikan bahwa berdasarkan hukum tetap atau de jure, bahwa jumlah provinsi di Indonesia telah bertambah sebanyak tiga provinsi sejak 25 Juli lalu, pengumuman tersebut disampaikan pada pidato peresmian dan pelantikan penjabat gubernur DOB Papua, berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2022, sebagai landasan hukum pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 untuk Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 untuk Provinsi Papua Pegunungan.
3 Pj Gubernur DOB Papua langsung dilantik Menteri Dalam Negeri :

1. Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan. (Apolo diketahui pernah menjabat sebagai sebagai Rektor Universitas Cendrawasih Papua)
2. Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah (Ribka sebagai Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua juga sempat menjabat sebagai Penjabat Bupati Yalimo, Papua.)
3. Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan (Nikolaus sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Papua).

Langsung tancap gas, Ketiga Pj Gubernur tersebut mengemban tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah dan mengisi perangkat daerah sesuai UU.
PR pekerjaan rumah pertama adalah, ketiga PJ Gubernur juga diminta untuk membantu upaya pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), memfasilitasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur definitif pada periode pemilihan yang akan datang, serta mengelola keuangan daerah sesuai UU.
Pesan khusus disampaikan kepada Gubernur DOB Papua itu, Tito turut menitipkan pesan agar menjaga stabilitas politik dan pemerintahan selama masa penugasan.
“Saya sudah sampaikan banyak. Satu adalah stabilitas politik dan pemerintahan, nomor satu,” ujar Tito Karnavian usai melantik tiga Pj Gubernur DOB Papua kepada awak media pada Jumat, 11 November 2022. (@red-indonews.tv-donpar)


Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)