Pidato Joko Widodo President membuat kagum di Bangkok Thailand forum APEC 2022

Indonews.tv – Setelah G 20 di Bali Indonesia, saat ini para pemimpin dunia sedang berkumpul di Bangkok dalam acara APEC, demikian juga Presiden Joko Widodo hadir disana, Jokowi mengajak pemimpin ekonomi APEC untuk memperkuat kerja sama konkret.
Beberapa Hal yang diungkapkan oleh Presiden RI dalam Forum APEC yaitu dalam rangka menghadapi krisis global mulai dari krisis pangan, krisis energi, krisis lingkungan, hingga ancaman resesi.
Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan pemimpin APEC sesi 1 di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok.
“Dalam jangka pendek, kolaborasi mutlak diperlukan untuk atasi inflasi dan pastikan ketahanan pangan,” ujurnya, Jumat (18/11/2022), seperti dreview dari web resmi PRESIDEN RI.

Jokowi juga mendorong perwujudan APEC Food Security Roadmap Towards 2030.
Menurut Jokowi, hal itu untuk memastikan ketahanan pangan melalui teknologi yang inovatif dan digitalisasi.
Serta peningkatan produktivitas dan efisiensi sistem pangan dan juga kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.
Kemudian, ketersediaan pupuk dan pakan ternak juga perlu diperhatikan guna mencegah krisis pangan menyerang lebih dari tiga miliar masyarakat.
Sementara itu, untuk jangka panjang, Jokowi mendorong penguatan kemitraan ekonomi digital dan ekonomi hijau.
Jokowi menyebut ekonomi digital dan transformasi digital penting untuk pemulihan ekonomi yang inklusif.
Menurut Jokowi, manfaat ekonomi digital makin dirasakan sejak pandemi, seperti untuk telemedisin, jasa antar makanan, pembayaran digital, hingga keterlibatan UMKM di marketplace.
Untuk itu, Jokowi mengajak untuk membangun ekosistem ekonomi digital yang ramah bagi UMKM dan start-ups khususnya melalui penguatan keterampilan dan literasi digital.
Kemudian, Jokowi juga mendorong ekonomi hijau untuk pemulihan ekonomi kawasan.
Pasalnya, kata Jokowi, ekonomi hijau adalah masa depan ekonomi kawasan dan sudah lebih 90 miliar dolar AS digunakan untuk membangun berbagai proyek hijau di APEC.
Oleh karena itu, ia mengaku menyambut baik inisiatif Thailand The Bangkok Goals for the Bio-Circular-Green Economy.
Jokowi mengatakan inisiatif tersebut akan membuka akses terhadap pembiayaan, teknologi, inovasi, dan penguatan kapasitas.
Menurut Jokowi, penguatan kolaborasi antaranggota APEC merupakan kunci untuk bisa menggapai semua hal tersebut. (@red-berbagai sumber)


Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)