Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan Kulit

Putih telur adalah bagian telur yang mengandung banyak nutrisi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan, serta adakalnya kaum hawa menggunakan putih telur untuk bahan masker, karena dipercaya proteinnya bisa menjadi kolagen asupan dari luar. Berikut adalah beberapa manfaat putih telur :

1. Sumber protein berkualitas tinggi: Putih telur kaya akan protein, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein putih telur memiliki profil asam amino yang lengkap, artinya mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

2.Membantu pembentukan otot: Kandungan protein tinggi dalam putih telur dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot setelah latihan fisik. Oleh karena itu, putih telur sering dikonsumsi oleh atlet dan orang yang ingin meningkatkan kekuatan dan massa otot mereka.

3. Rendah kalori dan bebas lemak: Putih telur adalah sumber protein yang rendah kalori dan bebas lemak. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan atau menjalani diet rendah kalori.

4. Menjaga kesehatan jantung: Putih telur bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kolesterol yang tinggi dan lemak jenuh dalam makanan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh: Putih telur mengandung beberapa nutrisi penting seperti selenium, vitamin B2, dan vitamin B12. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

6. Menyokong kesehatan mata: Putih telur mengandung lutein dan zeaxanthin, kedua senyawa ini penting untuk kesehatan mata. Mereka memiliki sifat antioksidan dan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan.

7. Sumber kolagen: Putih telur mengandung kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Konsumsi kolagen dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan.

Namun, penting untuk diingat bahwa putih telur mentah atau setengah matang mengandung protein avidin, yang dapat mengganggu penyerapan biotin (vitamin B7). Oleh karena itu, disarankan untuk memasak putih telur sepenuhnya sebelum dikonsumsi.

Sebelum mengubah atau menambahkan program diet atau kesehatan Anda, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi. (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)