Irjen Pol Rusdi Hartono (Kapolda Jambi) Selamat dari kecelakaan Maut !

Jakarta – Dari faktor cuaca sekarang ini memang sangatlah extrim, kadang Hujan tidak bisa diprediksi, bisa datang tiba-tiba. Dan Itu terjadi ketika Rombongan dari Polda Jambi, yang berkenan untuk meresmikan Kantor Polisi di daerah, karena akses jalan hanyacepat ditempuh dengan Heli, maka akhirnya rombongan ini memakai Heli untuk bepergian menuju tempat lokasi.

Naas tak bisa ditolak, Kecelakaan helikopter Kapolda Jambi terjadi di tengah hutan Kerinci. Kapolri menyebut seluruh penumpang rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono selamat meski ada yang terluka. Hingga kini upaya evakuasi masih terus dilakukan.
Berikut hal-hal yang diketahui sejauh ini terkait berita kecelakaan helikopter Polri rombongan Kapolda Jambi di hutan Kerinci:

Kecelakaan helikopter Kapolda Jambi Irjen Hartono dan rombongannya terjadi pada Minggu (19/2/2023). Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto membenarkan hal itu dan menyebut bahwa Helikopter Polri Super Bell 3001 itu mendarat darurat di Bukti Muaro Emat, Kabupaten Kerinci.

“Iya mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci,” kata Kombes Mulia, Minggu (19/2).

Kronologi Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi
Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan helipkoter tersebut terbang dari Bandara STS Jambi pada pukul 9.30 WIB menuju Kerinci. Seharusnya keberangkatan helikopter itu diperkirakan selama 75 menit. Namun, belum sampai lokasi, tiba-tiba helikopter dikabarkan mendarat darurat.

“Helikopter rombongan berangkat pada pukul 9.30 WIB, seharusnya sampai pada 10.45 WIB. Diprediksi mendarat darurat pada 10.30 WIB,” kata Kombes Mulia.

Penyebab Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi
Lebih lanjut, Kombes Mulia mengatakan dugaan sementara penyebab kecelakaan helikopter Kapolda Jambi pada Minggu (19/2) itu. Disebutkan bahwa mendaratnya helikopter rombongan Kapolda Jambi dikarenakan faktor cuaca.

“Sementara (penyebab) karena cuaca, karena berkabut, sampai saat ini juga turun hujan,” sebutnya.

Helikopter Kapolda Jambi Sempat Hilang Kontak
Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan helikopter rombongan Kapolda Jambi itu sempat hilang kontak. Saat itu helikopter terbang ke Kerinci dalam rangka kegiatan peresmian salah satu kantor Polri.

“Tiba-tiba mengalami lost contact jam 11.20, dan kemudian kita dapat info bahwa telah dilakukan pendaratan darurat,” terangnya, Minggu (19/2).

Seluruh penumpang kecelakaan helikopter Kapolda Jambi dinyatakan selamat usai mendarat darurat di hutan Kerinci. Meski begitu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada penumpang yang mengalami luka-luka.

“Kita sudah dapat informasi karena dari penumpang berjumlah 8 orang, terdiri Kapolda, Direktur, staf dan 3 kru semua masih dalam kondisi selamat walaupun ada beberapa orang yang terluka dan beberapa orang dari mereka bisa berkomunikasi dengan kita walau kadang kala ada kesulitan,” ujar Listyo, kepada wartawan, di Media Center GBK, Minggu (19/2).

Identitas 8 Penumpang Helikopter Kapolda Jambi
Disebutkan bahwa jumlah penumpang kecelakaan helikopter Kapolda Jambi sebanyak 8 orang. Menghimpun data dari Polri, berikut ini informasi identitas seluruh penumpang dalam rombongan helikopter Kapolda Polri:

Kru Helikopter:

AKP Ali Nurdin S Harahapp (Pilot)
AKP Amos Freddy P Sitompul (Copilot)
AIPDA Susilo (Mekanik)
Penumpang:

Irjen Pol Rusdi Hartono (Kapolda Jambi)
Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira (Dir Reskrimum Polda Jambi)
Kombes Pol Michael Mumbunan (Dir Polair Polda Jambi)
Kompol ayani (Koorpripim)
Briptu Muhardi Aditya (ADC)

Korban Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi di Hutan Kerinci |

Upaya Evakuasi Rombongan Heli Kapolda Jambi
Polri telah mengetahui titik koordinat lokasi pendaratan darurat kecelakaan helikopter Kapolda Jambi. Tim evakuasi telah bergerak ke lokasi. Meski sempat dihentikan sementara pada Minggu (19/2) sore akibat faktor cuaca, hingga kini Senin (20/1) upaya evakuasi masih terus berlanjut.

Berdasarkan video yang didapatkan dari POLRI, Senin (20/2), logistik yang diturunkan Tim SAR dari helikopter evakuasi kini sudah diterima para korban kecelakaan helikopter Kapolda Jambi. Logistik itu berupa makanan, minuman, selimut, dan power bank.

Kondisi terkini para korban yakni rombongan kecelakaan helikopter Kapolda Jambi telah menerima bantuan logistik dari Tim SAR gabungan. Para korban pun masih menunggu evakuasi di tengah Hutan Kerinci.

Dalam video yang didapatkan dari Polri, Senin (20/2), disampaikan pula kondisi para korban. Salah satu kru pilot disebut mengalami patah kaki. Kemudian kondisi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mengalami patah tangan. (@RED)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)