Hati-Hati Covid-19 Melonjak Pas Aktivitas Mudik Lebaran Pas banget

Indonews.tv – sudah setahun lebih Corona-19 hilang dari peredaran, akan tetapi menurut para pakar Kesehatan, corona ini tidak akan hilang, sama seperti Flue yang bisa menyerang kita tiba-tiba, seperti halnya sekarang ini. Kasus virus corona (covid-19) di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Kasus aktif tercatat 9.776 kasus per Selasa (18/4).

Sepekan terakhir, kasus baru di Indonesia terus mengalami lonjakan. Kenaikan tersebut terjadi dalam rentang 12-18 April 2023. Dalam sepekan, tercatat mencapai 6.907 kasus. Lonjakan kasus teranyar yakni sebanyak 1.343 orang dinyatakan positif pada 18 April 2023.

Presiden Joko Widodo mengatakan terjadi peningkatan kasus covid-19. Ia menekankan agar masyarakat tetap melakukan vaksinasi.

“Saat ini penyebaran Covid mulai agak meningkat, namun kita tidak perlu menyikapinya secara berlebihan. Dan untuk itu saya mengingatkan kembali pentingnya vaksinasi, baik vaksinasi pertama dan kedua, maupun booster yang pertama dan kedua,” ucap Presiden Jokowi dalam unggahan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (19/4).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan penularan kasus virus corona (Covid-19) setelah Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah kemungkinan masih terjadi.

“Perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat, jadi karena covid itu masih ada maka kemungkinan terjadinya penularan (pascalebaran) itu ada,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers di Gedung Kemenkes, Senin (17/4).

Sementara itu, kasus subvarian Omicron XBB 1.16 atau Arcturus, Kemenkes mencatat ada tujuh orang yang terinfeksi varian tersebut.

“Hari ini kasus baru Arcturus ini menjadi tujuh orang. Semula kan dua ya. Dua yang kemarin itu satu ada riwayat perjalanan luar negeri, dari India. Satunya lokal,” jelas Syahril.

Dilaporkan lima di antaranya mengalami gejala ringan. Sementara, dua kasus lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Syahril mengatakan lima kasus itu tiga diantaranya ditemukan di DKI Jakarta. Sementara dua lainnya di Jawa Timur.

Kasus Covid-19 Meningkat, Ini 13 Gejala yang Paling Banyak Dikeluhkan
“Semuanya sudah sembuh, ini ada tambahan lima. Dua dari Surabaya, yang tiga dari DKI Jakarta. Semuanya dalam keadaan gejala yang ringan,” tutur dia.

Ia menambahkan ada 29 negara yang melaporkan kenaikan kasus Covid-19 diduga kuat akibat varian Arcturus.

Sementara di Indonesia terjadi kenaikan kasus hingga menembus angka 1000 kasus. Namun angka tersebut, belum melebihi ambang batas yang yaitu 1/100.000 sesuai yang disyaratkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dan herannya lagi, anekdot yang dulu kita dengar dan baca bahwa Corona akan datang kalo Lebaran, Natal, Tahun baru, kog bene ya ? (@red-berbagai sumber)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)