Gempa Surabaya Warga Surabaya Kawatir Nanti Malam Gempa Semakin Besar

indonews.yv – Terhitung sudah 15 Kali Gempa Susulan Guncang Tuban, Surabaya, dan Sekitarnya
akan tetapi yang dirasa di Surabaya Baru 2 kali yang terasa dan memaksa seisi kantor untuk keluar karena takut ada gejala gejala yang membahayakan jiwa. Demikian juga gempa itu terasa di kantor indonews.tv di daerah Karangpilang kota Surabaya.
Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Tuban, Jawa Timur, pukul 11.22 WIB, Jumat (22/3).
“Sampai jam 13.37 WIB tercatat ada 15 kali [gempa] susulan,” kata Mamuri, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas III, Karangkates, Malang, Jumat siang.

Dan bersamaan sekitar pukul 16:08 WIB gempa menyusul dengan sekala yang terasa lebih besar dari pertama
Gempa susulan terjadi mulai pukul 11.35 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,4. Setelahnya, ada empat gempa susulan lagi mulai pukul 11.43 WIB sampai 12.11 WIB dengan kekuatan magnitudo tak lebih dari M 3,4.
Pada pukul 12.31 WIB terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang cukup besar yakni M 5,3. Guncangannya kembali terasa di Tuban, Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.
Selanjutnya tercatat ada sembilan gempa susulan lagi sejak Pukul 12.37 WIB sampai 13.18 WIB, dengan kekuatan terendah M 2,7 sampai yang terkuat M 4,1.

BMKG menyatakan pusat gempa susulan ini berada di sekitar 130 km Timur Laut Tuban Jawa Timur.
Titik pusat gempa pertama dan 15 gempa lainnya ini berdekatan yakni berada di sekitar 5,74 Lintang Selatan, 112,36 Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer.

BMKG mengataka tak ada potensi tsunami dari rangkaian gempa utama dan gempa susulan tersebut.

“Tidak berpotensi tsunami,” ucap Mamuri.
Mamuri pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

“Di Tuban terasa sekali bangunan bergetar terutama lantai dua. Kaca bergetar sampai tiga kali, tapi tidak ada kerusakan sementara ini,” kata Kukuh. (Red-dan berbagai sumber)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)