Gempa M4,9 Gunung Kidul, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Indonews.tv – Rabu (6/4/2022) sekira pukul 10.03 WIB, ketika sedang fokusnya bekerja, Warga Gunungkidul dan Sleman, DI Yogyakarta dikagetkan dengan guncangan gempa berkekuatan magnitudo 4.9 SR.
Kepala Stasion Geografi (Stageof) Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sleman, Ikhsan mengatakan gempa tektonik itu terjadi di 24 Km barat daya Gunungkidul pada kedalaman 123 km. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.21 LS dan 110.57 BT.
“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktifitas subduksi,” kata iksan dalam rilis resmi, Rabu (6/4/2022).
Ikhsan menjelaskan akibat terjadinya gempa, guncangan gempabumi ini dirasakan di Gunungkidul, Bantul, Sleman, Trenggalek II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), Pacitan II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).
“Meskipun dirasakan hampir sebagian besar masyarakatt, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” jelasnya
Sementara dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Atas adanya gempa tersebut, menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.
“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” terangnya.

Gempa ini dirasakan di Bantul hingga Pacitan.

#Gempa Mag:4.9, 06-Apr-22 10:03:36 WIB, Lok:8.21 LS, 110.57 BT (Pusat gempa berada di laut 24 Km Barat Daya Gunung Kidul), Kedlmn:123 Km Dirasakan (MMI) II Gunung Kidul, II Bantul, II Sleman, II Trenggalek, II – III Pacitan #BMKG,” twit @infoBMKG.

(red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)