Gangguan NPD (Narcissistic Personality Disorder) Luas Menyerang di Media Sosial

Indonews.tv – Berbagai peristiwa sekarang in sangatlah mudah dan cepat diketahui oleh Masyarakat, berarti Masyarakat juga di dorong untuk berbuat cepat akan Sesuatu yang ingin ditampilkan.
Kita ambil contoh saja pada jaman era 90-2000 an, untuk menjadi penyiar radio, seseorang itu sangatlah susah sekali ujiannya, harus mengikuti pelatihan yang lama dan susah. Akan tetapi sekarang masyarakat dipermudah oleh adanya radio yang memfasilitasi untuk pendenganya bisa melaporkan sesuatu dan didengar suaranya oleh orang lain sehingga dia layaknya sudah bisa merasakan Euforia nya menjadi orang penting pada saat itu layaknya seorang penyiar radio.

Demikian juga sekarang ini di dunia media social, semua orang dia bisa menjadi apa saja yang diinginkan, sehingga media sosial ini memberikan ruang yang sangat luas untuk mengeksplore segala yang menjadi keinginanan, tidak memandang baik atau buruknya.
Lambat laun Masyarakat akan dibiasakan untuk menjadikan kepentingan diri sendiri menjadi asset utama dan lebih penting dari segalanya. Mereka ingin diperhatikan melebihi temannya yang lain, mereka ingin mendapatkan nilai melebihi temannya yang lain, mereka ingin menjadi VIRAL dan itu harus bisa berusaha melebihi orang lain. Akhirnya mereka berusaha bertindak diluar batas kenormalan, misalnya ada peristiwa anak remaja menghadang truk yang sedang melaju kencang hanya karena ingin diakui dan agar viral, menurut survey kami dari indonews.tv bahwa hal ini menjadi sindrom yang membahayakan Ketika tidak segara disadari atau di tangani serius oleh pemerintah atau yang berwenang, misalnya Psikolog atau Psikiater.


Disadur dari literasi Kesehatan, jiwa bahwa kadar narsis yang sudah terlalu berlebihan bisa jadi pertanda gangguan kepribadian narsistik. Gangguan kepribadian narsistik atau Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah kondisi mental di mana seseorang memiliki perasaan yang berpusat pada kepentingan dirinya sendiri.
Gangguan Narcissistic Personality (NPD) adalah gangguan mental yang tergolong dalam kategori gangguan kepribadian dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, Individu yang mengalami gangguan ini memiliki pola perilaku yang ditandai oleh kebutuhan yang sangat kuat akan pengakuan, rasa superioritas, kurangnya empati terhadap orang lain, dan perasaan yang berlebihan terhadap kepentingan dan keberhasilan diri sendiri.
Beberapa ciri umum Gangguan NPD meliputi:

  1. Keinginan akan Pengakuan dan Pujian: Individu dengan NPD cenderung merasa perlu untuk mendapatkan perhatian, pujian, dan pengakuan dari orang lain. Mereka mungkin sangat merasa frustrasi jika tidak mendapatkan perhatian yang diharapkan.
  2. Rasa Superioritas: Orang dengan NPD sering kali memiliki pandangan yang sangat tinggi terhadap diri mereka sendiri dan merasa lebih baik daripada orang lain. Mereka mungkin meremehkan atau menganggap remeh pandangan orang lain.
  3. Kurangnya Empati: Individu dengan NPD cenderung kesulitan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain. Mereka mungkin kurang peduli terhadap kebutuhan atau perasaan orang lain.
  4. Exploitatif: Orang dengan NPD cenderung memanfaatkan orang lain untuk mencapai tujuan mereka sendiri, tanpa mempertimbangkan dampak negatif bagi orang lain.
  5. Fantasi Keberhasilan yang Tidak Wajar: Mereka seringkali memiliki fantasi tentang keberhasilan tak masuk akal atau kekuasaan yang hebat.
  6. Keharusan untuk Keistimewaan: Individu dengan NPD berharap untuk diperlakukan sebagai orang yang istimewa dan unggul, bahkan jika tidak ada dasar untuk merasa demikian.
  7. Kehaluan tentang Hubungan: Kadang-kadang, individu dengan NPD dapat mengalami kehalusan tentang hubungan dan keberhasilan mereka, bahkan ketika bukti menunjukkan sebaliknya.
  8. Kurangnya Penghargaan Terhadap Kritik: Mereka mungkin merasa terluka atau marah oleh kritik, dan sulit menerima kritik yang bersifat konstruktif.

Gangguan NPD dapat mempengaruhi fungsi sosial, pekerjaan, dan hubungan individu dengan orang lain. Namun, penting untuk diingat bahwa hanya seorang profesional kesehatan mental yang berkualifikasi yang dapat membuat diagnosis resmi terkait gangguan ini. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mirip dengan NPD, disarankan untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental seperti Psikiater. (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)