9 Feb Hari Pers Nasional 2023 Tema, Logo dan Acara Peringatannya

Jakarta – Hal ini sengaja dipertegas agar insn Pers itu ada karena memang tercatat secara resmi di catatan negara dan menjadi bagian penting bagi perjalanan politik Indonesia, maupun perjalanan Sosial Budaya dan Religi serta lainnya.
Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 akan segera diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2023.
Hari Pers Nasional diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahun bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Apa itu Hari Pers Nasional 9 Februari?
Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985, maka sejak saat itu keabsahan Hari Pers diakui dan menjadi tonggak insan Pers untuk memperingati.

Apa yang dimaksud dengan Hari Pers Nasional adalah hari nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 9 Februari dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PWI.

Sejarah Hari Pers Nasional juga erat kaitannya dengan lahirnya organisasi PWI yang dibentuk pada 9 Februari 1946, dicetuskannya Hari Pers Nasional tak lepas dari peran wartawan sebagai aktivis pemberitaan yang membangkitkan kesadaran nasional masyarakat.

Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2023
Dengan tema “Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat” sebagai tema peringatan tahun ini, harapan yang besar juga bagi kami insna Pers dari indonews.tv menginginkan adanya kejelasan aturan dalam menentukan media-media mana yang syah menurut Hukum dan Undang-undang Pers atau Kode Etik Lembaga ini, hal itu mengacu kepada banyaknya media-media yang tidak mempunyai perijinan yang syah, dan sudah bisa mempublikasikan sebuah berita yang mungkin saja Ketika ada kesalahan dari berita yang telah direlease tersebut mereka tidak akan bertanggung jawab, karena kejelasan semuanya tidak bisa diketahui, baik dari legalitasnya, alamat dan lain-lain.
Kali ini, peringatan Hari Pers Nasional 2023 diselenggarakan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Lantas apa tema dan logo peringatan Hari Pers Nasional 2023?

Pemerintah Sumatera Utara mengusung Tema Hari Pers Nasional 2023 adalah ‘Pers Merdeka, demokrasi Bermartabat’.
Huruf (p) yang berwarna-warni dimaknakan sebagai keragaman komponen pers, sekaligus menegaskan kemeriahan pesta.
Untaian pita yang membentuk HPN dimaksudkan sebagai lambang pesta raya masyarakat pers, sedangkan jalinan pita dimaknakan sebagai sinergi antar komponennya.
Makna Maskot Hari Pers Nasional 2023 adalah:

Maskot Hari Pers Nasional 2023 adalah Harimau yang memiliki makna sebagai fauna Sumatera yang dilindungi.
Baru Oholu yang merupakan pakaian adat daerah Nias sebagai bagian dari adat budaya di Sumatera Utara.
Baru Oholu ini melambangkan kekuatan, keberanian, dan kapabilitas para prajurit yang juga harus menjiwai pers nasional.

Pena merah menggambarkan kerja-kerja pers di tanah air dalam meningkatkan kompetensi.
Kamera sebagai salah satu alat jurnalistik yang menggambarkan teknologi dalam jurnalistik. (@dari berbagaisumber)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)