Solidaritas untuk India, Indonesia Kirim Bantuan medis untuk Hadapi Pandemi di India

Solidaritas untuk India, Indonesia Kirim Bantuan medis untuk Hadapi Pandemi di India

Pemerintah Indonesia mengirim bantuan ke negara sahabat India yang tengah menangani covid 19. Pelepasan bantuan tersebut dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Retno Marsudi.Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut yaitu Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Bandara Soekarno – Hatta, Tangerang, pada Rabu 12 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, Retno secara simbolis menyerahkan oxygen concentrators kepada Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti.

“Atas arahan Presiden Republik Indonesia pada siang hari ini pukul 14.00 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India,” ujar Retno.

Bantuan untuk India kali ini, Retno menjelaskan, pemerintah mengirimkan 200 unit Oxygen Concentrators. Dan sebelumnya pada 10 Mei 2021 pemerintah juga telah mengirimkan 1.400 tabung Oxygen cylinders ke India.

“Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa Indonesia kepada India. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam penanganan Covid-19,” kata Retno.

Menteri Dalam Negeri juga menambahkan, bahwa Indonesia dan India adalah sahabat lama, sahabat dekat sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Modi.

Retno juga menjelaskan, India juga berperan penting mendukung pengadaan vaksin dalam kerangka multilateral melalui Covax Facility. Retno berujar bahwa Indonesia bersyukur atas dukungan India pada masa pandemi ini.

“Sekarang saatnya untuk menunjukkan dukungan kita. Indonesia akan bersama dengan India di masa sulit ini. Kami berkomitmen untuk berbagi beban dengan masyarakat India. Bagaimanapun juga, teman saat membutuhkan adalah teman sejati,” ujar Retno. (diantama,indonews.tv)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)