Program Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya “Scale Up Eduwisata COD Tegal Klopo dengan Tata Kelola Desa Wisata Berdasarkan Kearifan Lokal Berbasis Digitalisasi”

Indonews.tv – Sebagai Universitas Swasta besar di Indonesia Universitas Surabaya (UBAYA), kali ini mendapatakan kepercayaan dari program pendanaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Platform Kedaireka bekerja sama dengan dunia industry.

Dan juga syarat dari pengabdian Universitas terhadap Masyarakat dan merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang memang mewajibkan Dosen untuk melaksanakan aktivitas tersebut.

Dengan adanya program ini, Kerjasama antara Pemerintah Desa Pacet Kabupaten Mojokerto dengan Politeknik UbayaProgram Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya yang berjudul: “Scale Up Eduwisata COD Tegal Klopo dengan Tata Kelola Desa Wisata Berdasarkan Kearifan Lokal Berbasis Digitalisasi Berkelanjutan Desa Pacet Mojokerto” merupakanprogram pendanaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Platform Kedaireka bekerja sama dengan dunia industry.

Dalam melakukan kegiatan  ini Politeknik Ubaya Surabaya menggandrng Pemerintah Desa Pacet Kabupaten Mojokerto.

Tim Hibah ini terdiri dari Levi Martantina, M.Ak., Diah Anugrah Sharasanti, M.M., Ak., Agung Sriwardhani, M.A., dan Edith Primadiana Tedjokusumo, M.M. serta melibatkan 4 orang Dosen dan 20 orang mahasiswa yang berkegiatan di luar.

Adapun tujuan dari Program Kegiatan Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya ini adalah pengembangan program kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat, untuk meningkatkan taraf hidup, khususnya pengelolaan Wisata COD Tegal Klopo dan sekitarnya.

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan dalam kegiatan ini terbagi menjadi 3 aktivitas yaitu :

(1) Pembenahan Tata Kelola Manajemen Pariwisata, yang terdiri dari :

  • (a) Pendampingan Pengelolaan Wisata COD tegal Klopo
  • (b) Pendampingan Skill Service Dalam Hospitality
  • (c) Pendampingan Praktik Guiding
  • (d)Pendampingan Outbond Trainer.

(2) Pengelolaan Wisata Alam Berbasis Teknologi (Atrantion) yang terdiri dari :

  • (a) Pembuatan Website COD Tegal Klopo
  • (b) Pendampingan Pembuatan Konten
  • (c) Pendampingan Pembuatan Paket Wisata.

(3) Pembenahan dan Pengelolaan Administrasi Wisata COD Tegal Klopo yang terdiri dari :

  • (a) Pendampingan Administrasi, Keuangan dan Akuntansi.
  • (b) Pendampingan Pemasaran.

Program Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya yang berjudul: “Scale Up Eduwisata COD Tegal Klopo dengan Tata Kelola Desa Wisata Berdasarkan Kearifan Lokal Berbasis Digitalisasi Berkelanjutan Desa Pacet Mojokerto” terdiri dari :

  • Levi Martantina, M.Ak. (Ketua),
  • Diah Anugrah Sharasanti, M.M., Ak. (Anggota),
  • Agung Sriwardhani, M.A. (Anggota), dan
  • Edith Primadiana Tedjokusumo, M.M. (Anggota)
  • serta melibatkan 4 orang Dosen dan 20 orang mahasiswa yang berkegiatan di luar merupakan tim dengan kolaborasi berbagai program studi terkait, diantaranya Program Studi Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Pemasaran dan Administrasi Bisnis.

Program Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya memberikan Pelatihan dan pendampingan kepada Pengelola Camping Ground COD Tegal Klopo, Desa Pacet Kabupaten yang yang merupakan Unit Bisnis Bumdes Pacet yang terbagi menjadi 3 aktivitas besar tersebut diatas secara rinci pelatihan dan pendampingan yang dilakukan yaitu:

  • Manajemen Team Work dengan tema Pembentukan Team Work – Sinergi Semangat Berkontribusi Gelorakan Kolaborasi
  • Penggunaan Teknologi untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Gen Z.
  • Pengelolaan manajemen pariwisata (Produk, Layanan, SDM)
  • Skill Service Dalam Hospitality Bagi Pengurus COD Tegal Klopo
  • Pengembangan kemampuan sebagai Pemandu Wisata.
  • Basic Outbond Trainer dan Training of Trainer
  • Pelatihan Pembuatan Konten Wisata COD Tegal Klopo
  • Pendampingan Pembuatan Konten Pengenalan COD Tegal Klopo
  • Pendampingan Pembuatan Konten Camping Ground COD Tegal Klopo
  • Pendampingan Pembuatan Konten Cafe COD Tegal Klopo
  • Workshop dan Pendampingan Manajemen Wisata dan Penyusunan Paket Wisata
  • Pendampingan Rekapitulasi Registrasi Pengunjung COD dan Pendapatan HTM
  • Pendampingan Administrasi Keuangan Cafe COD Tegal Klopo
  • Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan COD Tegal Klopo
  • Pendampingan Penambahan Akun Media Sosial COD Tegal Klopo
  • Pelatihan dan pendampingan Digital Marketing

Sesuai dengan tujuan dari Program Kegiatan Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya ini yaitu pengembangan program kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat, untuk meningkatkan taraf hidup, khususnya pengelolaan Wisata COD Tegal Klopo. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan telah membuka mindset pengurus dan pengelola COD Tegal Klopo untuk lebih mengembangkan bisnisnya yang semula hanya menyewakan lahan camping ground saja menjadi menyediakan Paket Wisata Camping dengan memanfaatkan destinasi sekitarnya.

Kepuasan dari sisi kerjasama juga diungkapkan oleh Kepala Desa Pacet H. Yadi Mustofa, S.H. “mengucapkan terimakasih kepada Kedaireka sebuah platform kerjasama antara perguruan tinggi dan dunia usaha dan industri yang telah memberikan bantuan pendanaan Matching Fund di Unit usaha BUMDES Desa Pacet unit usaha COD (Camping ground, Outdoor, Dolanan) Tegal Klopo. Harapan kami memberi manfaat yang maksimal bagi pengembangan SDM di COD Tegal Klopo dan berharap kerjasama ini tidak terhenti sampai disini. Semoga kedepannya juga ada kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat bagi COD Tegal Klopo. Terimakasih Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kedaireka, dan Politeknik Ubayaujar Yadi Mustofa

Harapan dari Tim Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya terhadap program ini adalah bisa memberikan kebermanfaatan bagi pengembangan COD Tegal Klopo yang tidak hanya bagi pengurus dan pengelola akan tetapi juga ke depannya akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama untuk meningkatkan tingkat ekonomi. Semoga kerja sama ini tetap akan berkelanjutan.

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang memang mewajibkan Dosen untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Dengan adanya program ini, Kerjasama antara Pemerintah Desa Pacet Kabupaten Mojokerto dengan Politeknik Ubaya akan terus berlanjut, khususnya pengembangan COD Tegal Klopo ke depannya.

Kesuksesan Politeknik Ubaya dalam mendapatkan Hibah Matching Fund Vokasi 2023 dari Kemendikbudristek melalui Platform Kedaireka dengan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Pacet Kabupaten Mojokerto dalam Unit Bisnis COD Tegal Klopo. Dengan adanya program ini Tim Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya dapat ikut serta dalam melakukan pemberdayaan masyarakat yang melibatkan Dosen dan mahasiswa untuk mewujudkan Kampus Merdeka.

Rudiyanto, Ketua COD (Camping ground, Outdoor, Dolanan) Tegal Klopo mengatakan “ini merupakan wisata camping ground yang menarik untuk dikunjungi di Pacet. Saya berterimakasih kepada Kedaireka sebagai platform kerjasama perguruan tinggi dan dunia usaha yang telah memberikan kesempatan kerjasama kepada Politeknik Ubaya dan Pemerintah Desa Pacet khususnya dalam rangka mendukung perkembangan wisata COD (Camping ground, Outdoor, Dolanan) Tegal Klopo”.

“Secara manfaat kami merasakan dari kegiatan yang sudah berjalan selama ini khususnya terbukanya mindset dari pengelola COD (Camping ground, Outdoor, Dolanan) Tegal Klopo terutama saya secara pribadi dalam mengembangkan COD (Camping ground, Outdoor, Dolanan) Tegal Klopo ini. Kami sampaikan berterimakasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),  Kedaireka dan Politeknik Ubaya atas kerjasama ini. Harapan kami semoga kerjasama ini bisa berkelanjutan. Lanjut Rudiyanto melengkapi (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)