Pemeriksaan Senjata Api Dinas Oleh Subbidprovos Bidpropam Polda Jatim

Pelaksanaan Pengecekan Senpi Dinas yang dipinjampakaikan kepada seluruh personil Polri Polda Jatim dan Polres jajaran berdasarkan surat telegram STR/157/II/HUK.12.10./2020 tanggal 18 Februari 2021. Pemeriksaan senjata api dinas oleh SUBBIDPROVOS BIDPROPAM POLDA JATIM dilaksanakan dengan mengacu pada kebijakan KAPOLRI dalam rangka progam 100 hari kerja yaitu penertipan senjata api. Hal ini dikemukakan oleh AKBP Tulus Juswantoro SIK sebagai Kasubbid Provos POLDA JATIM dalam rangkaian kunjungannya ke berbagai POLRES di jajaran POLDA JATIM.

Pada hari Senin s/d Jumat tanggal 8 s/d 12 Maret 2021 Pukul 08.00 Wib telah dilaksanakan pengecekan Senpi dinas yang dipinjampakaikan kepada personil Polri Polda Jatim dan Polres jajaran sebanyak 3156 pucuk Senpi. Hal ini untuk mengantisipasi  Surat Ijin memegang senjata api yang masanya telah habis dan dilaksanakan ujian ulang untuk mendapatkan SIMSA ( Surat Ijin Memegang senjata api ).

Inventaris dinas dengan perincian sebagai berikut :

 1.   Satuan kerja Polda jatim;

Antara Lain ;

– Ditintelkam = 11 pucuk senpi inventaris dinas ( 1 pucuk senpi dinas Simsa habis masa berlaku)

– Ditreskrimum = 43 pucuk senpi inventaris dinas (23 pucuk senpi dinas Simsa habis masa berlaku)

– Ditreskrimsus = 54 pucuk senpi inventaris dinas  ( 5 pucuk senpi dinas dalam kondisi kotor dan 1 pucuk senpi tidak sesuai nomer registernya)

– Ditresnarkoba = 69 pucuk senpi inventaris dinas ( 7 pucuk senpi dinas dalam kondisi kotor)

– Ditlantas = 77 pucuk senpi inventaris dinas ( 1 pucuk senpi tidak sesuai nomer registernya, 6 senpi kotor, dan 21 pucuk senpi dinas Simsa habis masa berlaku)

– Ditbinmas = 2 pucuk senpi inventaris dinas

– Ditsamapta = 530 pucuk senpi inventaris dinas (200 pucuk senpi laras pendek dan 330 pucuk senpi laras panjang)

– Dittahti = 12 pucuk senpi inventaris dinas ( 1 pucuk senpi dalam keadaan kotor)

– Bidpropam = 34 pucuk Senpi inventaris dinas ( 20 pucuk senpi dinas Simsa habis masa berlaku dan 1 pucuk senpi nomor senpinya tidak sesuai dengan Simsa)

2.         Polres jajaran :

– Polrestabes Surabaya = 15 pucuk Senpi laras pendek inventaris dinas ( 7 pucuk senpi dalam keadaan kotor)

– Polresta Sidoarjo = 190 Pucuk Senpi genggam revolver ( 3 pucuk senpi tidak sesuai nomer registernya, 60 pucuk senpi senpi kotor dan 5 pucuk senpi dinas yang Simsa habis masa berlakunya)

– Polres Pelabuhan Tanjung Perak = 38 pucuk Senpi inventaris dinas (11 pucuk senpi dalam keadaan kotor)

– Polres Blitar Kota = 45 pucuk senpi inventaris dinas (16 pucuk senpi dinas Simsa habis masa berlaku)

– Polres Gresik 264 pucuk senpi inventaris dinas ( 108 pucuk senpi laras panjang inventaris dinas dan 156 pucuk senpi laras pendek inventaris dinas). Dengan temuan 94 Simsa habis masa berlaku dan 7 pucuk senpi laras pendek kotor)

– Polres Lamongan = 173 pucuk senpi inventaris dinas terdiri dari 146 pucuk senpi laras panjang dan 27 senpi laras pendek ( 12 pucuk senpi dalam keadaan kotor dan 3 pucuk senpi yang nomer senpinya tidak sesuai dengan Simsa)

– Polres Mojokerto kota = 152 pucuk senpi inventaris dinas dengan rincian ( 119 senjata laras panjang inventaris dinas dan 43 senpi laras pendek inventaris dinas) dengan temuan 6 senpi laras pendek dalam keadaan kotor dan 1 Simsa habis masa berlaku)

– Polres Mojokerto = 158 pucuk senpi inventaris dinas ( 6 pucuk senpi inventaris dinas dalam keadaan kotor dan 141 Simsa habis masa berlaku)

– Polres Pasuruan = 158 pucuk senpi inventaris dinas ( 143 pucuk senpi laras panjang dan 15 pucuk senpi laras pendek) dengan temuan 1 pucuk senpi laras pendek dalam keadaan kotor.

– Polres Pasuruan kota = 93 pucuk senpi inventaris dinas (79 pucuk senpi laras panjang dan 14 pucuk senpi laras pendek) dengan temuan 1 pucuk senpi dalam keadaan kotor.

– Polres Probolinggo kota = 11 pucuk senpi inventaris dinas (2 senpi laras panjang dan 9 senpi laras pendek).

– Polresta Banyuwangi = 22 pucuk senpi inventaris dinas (1 pucuk senpi Simsa habis masa berlaku).

– Polres jombang = 230 pucuk senpi inventaris dinas (124 pucuk senpi laras panjang dan 96 pucuk senpi laras pendek) dengan temuan 8 pucuk senpi laras panjang dalam keadaan kotor dan 3 nomor senpi tidak sesuai dengan Simsa).

– Polres Nganjuk = 304 pucuk senpi inventaris dinas (147 pucuk senpi laras panjang dan 157 pucuk senpi laras pendek) dengan temuan 30 senpi dalam keadaan kotor dan 1 nomor senpi tidak sesuai dengan Simsa.

– Polres Bojonegoro = 190 pucuk senpi inventaris dinas ( 52 pucuk senpi laras pendek dan 138 senpi laras pendek) dengan temuan 3 senpi laras pendek dalam keadaan kotor, 3 senpi tidak sesuai dengan Simsa, dan 2 pucuk senpi laras panjang rusak berat).

– Polres Tuban = 281 pucuk senpi inventaris dinas ( 69 pucuk senpi laras pendek dan 212 pucuk senpi laras panjang) dengan temuan 2 pucuk senpi dalam keadaan kotor.

Selama Kegiatan Berlangsung sampai dengan selesai situasi aman, tertib dan terkendali. Ujar AKBP Tulus Juswantoro SIK. ( Redaksi indonews. TV  )

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)