MAFIA PUPUK DIRINGKUS POLDA JATIM, RATUSAN TON PUPUK BERSUBSIDI BERHASIL DIAMANKAN

Surabaya-indonews.tv – Bravo polisi, sebanyak 279,45 ton atau 5.589 karung pupuk bersubsidi ilegal dan 21 orang tersangka berhasil diamankan Polda Jawa Timur beserta jajaran. Hal ini disampaikan Irjen Pol. Nico Afinta, kapolda Jatim, Senin 16 Mei 2022.  Ratusan ton pupuk bersubsidi ilegal tersebut diamankan pihak kepolisian selama periode Januari hingga April 2022.

Kasus penyalahgunaan pupuk bersubsidi  berhasil di ungkap di 9 kabupaten di jawa timur, diantaranya di kabupaten Banyuwangi, Jember, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Tuban, Blitar, Sampang dan Lamongan.

“Pengungkapan itu ada di 9 kabupaten dan ini tersangkanya ada 21 orang. Kemudian barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak total 5.589 sak atau 279,45 ton” kata Kapolda.

Dalam melakukan aksinya pelaku mengganti sak pupuk bersubsidi dengan sak atau karung pupuk non subsidi. Sehingga harganya menjadi lebih tinggi. HET pupuk bersubsidi yang ditetapkan pemerintah adalah Rp. 115 ribu. Namun tersangka mengganti sak pupuk bersubsidi menjadi non subsidi. Dan dijual ke petani dengan harga lebih tinggi, yakni Rp. 160 – 200 ribu. Selain itu, lanjut Nico, para tersangka juga menjual pupuk bersubsidi diluar area.

Untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan pupuk bersubsidi, pihak kepolisian akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan sehingga kebutuhan petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dapat terpenuhi. (diantama,indonews.tv)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)