Lebih Dekat dengan Irjen Daniel Adityajaya, Kapolda Kaltara Algojo tambang Emas Ilegal

Indonews.tv – Salah seorang personil Polda Kalimantan Utara, Briptu HSB yang terjerat dugaan pelanggaran pembukaan tambang emas ilegal di Sekatak, Bulungan, tengah jadi sorotan, Dia kini jadi tersangka. Sebenarnya siapakah dibalik pengungkapan kasus ini. maka kini kita akan bawa lebih dekat dengan Kapolda Kaltara, Irjen Daniel Adityajaya.

Dari sederetan jabatannya, Daniel yang kelahiran Surakarta 11 Juli 1969 itu pernah bertugas sebagai Kasat Reskrim Polresta Samarinda di Kalimantan Timur.

Jendral yang dikenal tegas ini telah membuktikan janjinya. perihal peningkatan pengawasan terhadap setiap anggotanya dipastikan tidak pandang bulu.

Diangkat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Kalimantan Utara berdasarkan Surat Telegram ( ST) Nomor /165/I/KEP./2022 tertanggal 24 Januari 2022. lulusan Akademisi Kepolisian (Akpol) tahun 1991.

Ia menggantikan Irjen Pol Bambang Kristiyono yang dimutasi menjadi Perwira Tinggi (Pati) Baharkam Polri dalam persiapan memasuki masa pensiun. Diketahui juga ternyata Irjen Daniel Adityajaya merupakan teman satu angkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Akpol.

Karir Daniel terbilang cukup moncer. Bagaimana tidak, tepatnya pada 29 Desember 2021 lalu, dia mendapatkan promosi kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Brigjen menjadi Irjen, saat mengemban tugas sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Tidak hanya sampai di situ, dalam kariernya pun, Irjen Daniel diketahui berpengalaman dalam bidang Reserse. Bahkan, tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan-jabatan penting.

Mulai dari Kapolres Bau Bau (Sulawesi Tenggara), Wadirreskrimsus Polda Sultra, Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri, Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri, Pati Bareskrim Polri (Penugasan Pada Kementerian ATR/BPN), dan Widyaiswara Utama Sespim Tk I Lemdiklat Polri.

Irjen Daniel dalam arahan terhadap anggotanya pada Commander Wish, sering kali menyampaikan beberapa hal.

Pertama, di bidang pembinaan diharapkan dapat menguatkan nilai agama, moralitas dan perilaku personil.

Kedua, bidang operasional dapat mendukung dan mensukseskan proyek strategis nasional (PSN) pembangunan kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) dan penguatan penjagaan wilayah perbatasan.

Ketiga, bidang manajemen di mana salah satu poinnya bagaimana mendorong terbentuknya Polres Kabupaten Tana Tidung, menyiapkan kesatuan dan personil dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak.

Terakhir, bidang pengawasan yaitu meningkatkan pengawasan terhadap anggota dan melaksanakan reward serta punishment, pengelolaan dan penggunaan anggaran dilaksanakan secara tertib serta akuntabel.

Berikut riwayat jabatan Irjen Pol Daniel Adityajaya :

1. Kapuskodal Polresta Balikpapan Polda Kaltim
2. Kasat Reskrim Polresta Samarinda Polda Kaltim
3. Wakapolres Berau Polda Kaltim
4. Kapolres Buton Polda Sultra
5. Kapolres Bau Bau Polda Sultra
6. Wadirreskrimsus Polda Sultra (2012)
7. Kasubdit Harda Bareskrim Polri
8. Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri
9. Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri[2] (2019)
10. Perwira tinggi (Pati) Bareskrim Polri (Penugasan Pada Kementrian ATR/BPN) (2020)
11. Widyaiswara Utama Sespim Tk. I Lemdiklat Polri (2021)
12. Kapolda Kalimantan Utara (2022)

Sumber : Humas Polda Kaltara dan beberapa sumber (@redindonews.tv)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)