JAWA TIMUR JUGA RENTA GEMPA, PROBLINGGO DIGUNCANG

Probolinggo – indonews.tv – BPBD Kab Probolinggo mengatakan, ada 3 sesar atau patahan di Probolinggo yang memicu terjadinya gempa bumi. Sesar ini tersebar di Kabupaten Probolinggo.

Dan terjadi kemarin 23 Nov 2022, Salah satu gempa M 4,1 Probolinggo yang terjadi pada Rabu (23/11/2022) merupakan sesar yang terjadi di sebelah timur atau Sesar Wongsorejo.

Di Desa Tambak Ukir itu Sesar Wongsorejo (Gempa M 4,1 Probolinggo), serta sesar Probolinggo dari Kecamatan Gending ke daerah Pasuruan.

Ada tiga sesar di Probolinggo :
1. Pertama Probolinggo bagian barat atau Kecamatan Tongas bisa terjadi gempa jika Sesar Pasuruan bergerak aktif. Sesar ini terbentang dari barat ke arah timur pada Kecamatan Lekok dan Nguling, Kabupaten Pasuruan dengan panjang sekitar 13 km.

2. Kemudian untuk Kabupaten Probolinggo wilayah tengah, seperti Kecamatan Gending bisa terjadi gempa bumi jika Sesar Probolinggo aktif bergerak. Setiap tahunnya Sesar Probolinggo ini bergerak sebesar 0,2 mm.

3. Sesar Wongsorejo, yakni sesar yang melewati daerah Banyuwangi dengan panjang sekitar 10 km. Dan ini yang menyebabkan gempa terjadi di Probolinggo bagian Timur.

Gempa Probolinggo memang tidak separah gampa Cianjur, akan tetapi benca tetaplah bencan yang wajib kita waspadai dari awal. 4 Rumah warga retak-retak dan satu rumah pondasinya longsor.

Bahkan warga Paiton dan Banyuglugur merasakan dampak getaran gempa tersebut hingga ada beberapa rumah rusak. (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)