Banyak minum kopi ! Pro dan Kontra

Indonews.tv – Dimasyarakat beredar dua pendapat Dampak meminum kopi terhadap kesehatan kerap menjadi perdebatan. Beberapa studi telah menemukan bahwa meminum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

A.S. bahkan mengharuskan perusahaan kopi untuk memasang label peringatan pada kemasan kopi mereka tentang bahan kimia penyebab kanker dalam minuman, lapor The Verge di bawah undang-undang California yang baru.


Bahan kimia yang dikatakan menyebabkan kanker adalah akrilamida, yang juga ditemukan dalam makanan tertentu dan asap rokok. Menurut American Cancer Society, meskipun sejumlah besar akrilamida telah dikaitkan dengan kanker dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, hubungan tersebut belum ditemukan pada manusia.

Pro:
– Di sisi lain, banyak penelitian menemukan bahwa minum kopi memiliki efek positif bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal mengklaim bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko kanker kulit, prostat, hati, dan rahim.
– Bahkan menurut penelitian terbaru, kopi telah terbukti mengandung antioksidan tinggi, dan kopi adalah sumber utama antioksidan yang dikonsumsi orang Amerika setiap hari. Antioksidan dianggap melindungi terhadap kanker dan penyakit jantung, serta mengurangi penuaan dini pada wanita.

– Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi 6 cangkir per hari dapat terhindar dari diabetes lebih dari 50% bagi laki-laki dan 30% pada perempuan. Para peneliti menduga dampak positif ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam kopi yang dapat melindungi tubuh terhadap resistensi insulin.


– Kafein yang ada pada kopi dapat berperan aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa cadangan karbohidrat dalam otot bisa diisi ulang dengan cepat jika seorang atlet mengkonsumsi karbohidrat yang baik dan kafein setelah mereka berolahraga.kombinasi ini menghasilkan peningkatan glikogen otot sebesar 66% empat jam setelah melakukan olahraga yang berat.


– Hanya dengan menghirup aromanya maka kita akan merasa lebih tenang dan meminumnya akan membuat kita jauh dari stress dan depresi emosional dan fisik.


– Peneliti melaporkan peminum kopi di pagi hari punya performa yang lebih baik dalam menyerap informasi dan pelajaran daripada mereka yang tidak. Minum kopi setiap hari juga disebutkan mampu menjaga kemampuan kognitif seiring bertambahnya usia.


Kontra:
– Beberapa studi menyatakan zat kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menggangu aliran darah di arteri koroner anda saat anda melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga serta menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur sehingga meningkatkan tekanan darah.


– Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak yaitu lebih dari 3 cangkir setiap hari selama bertahun-tahun akan meningkatkan hilangnya kepadatan mineral tulang anda. Kafein dapat mempercepat siklus buang air kecil dan mencuri kalsium melalui urin, dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan anda terkena osteoporosis.


– Menurut salah satu peneliti “kafein dapat meningkatkan katekolamin yaitu hormone yang dikenal sebagai hormon amarah, tidak mengherankan kafein dapat membuat anda tegang dan gelisah”


– Kafein secara tidak langsung mempengaruhi kadar gula darah. Sehingga ketidakseimbangan gula darah memicu keinginan untuk ngemil. Itulah kenapa sebabnya kopi kerap dipasangkan dengan camilan manis seperti kue atau donat. Jika dibiasakan, dalam waktu sebentar kamu pasti akan cepat gendut.


– Tanaman kopi konvensional tidak lepas dari pestisida untuk mengusir hama yang menyerang. Untuk menghindari dampak buruk dari pestisida, pastikan kamu meminum kopi yang berasal dari tanaman kopi organik.


Itulah pro dan kontra seputar kebiasaan kita meminum kopi bagi kesehatan. Semoga bermanfaat! (@red)

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)