5 Fakta Unik Maroko, Negara Islam yang Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar

indonews.tv – Maroko merupakan negara muslim di Afrika yang saat ini sedang menjadi sorotan setelah berhasilmasuk perempat final Piala Dunia 2022. Ada beberapa fakta unik tentang Maroko yang patut diketahui umat Islam.
Berikut beberapa fakta unik Maroko :
1. Fakta unik Maroko: Negeri Maghribi
Maroko dikenal sebagai Negeri Maghribi (Al-Mamlakah Al-Maghribiyah) yang artinya kerajaan dari Barat karena lokasinya paling barat Afrika, Maroko juga dijuluki Bumi Para Wali.


2. Fakta unik Maroko: Melahirkan 6 tarekat
Maroko adalah negara Islam yang melahirkan enam Tarekat (thariqah) besar di dunia. Tarekat ( طريقة) adalah istilah yang merujuk kepada aliran-aliran dalam dunia tasawuf atau sufisme Islam.
Dari negeri ini pula lahir banyak Ulama besar ahli tasawuf. Sebut saja Imam Al-Jazuli (807-870 H), seorang wali besar pengarang kitab sholawat Dalail Khairat. Kemudian Imam Ahmad At-Tijani (pendiri tarekat Tijaniyah) dan masih banyak ulama lainnya.

3. Fakta unik Maroko: Sistem negara yang multiple
Maroko merupakan negara di ujung barat Afrika yang dihuni mayoritas Islam (99%), Kristen dan Yahudi (1%). Tak heran jika negara ini memberlakukan hukum Islam (Syariah), Perancis dan Spanyol.
Maroko berdekatan dengan Tunisia dan berbatasan langsung dengan Spanyol. Penduduknya berjumlah 36 juta jiwa (statistik 2021). Mayoritas muslim Maroko adalah Sunni berpaham Ahlussunnah wal Jamaah.

4. Fakta unik Maroko: pusat pendidikan Islam
Negara ini juga menjadi tujuan bagi para penuntut ilmu untuk mendalami ilmu Islam. Di Maroko terdapat banyak lembaga pendidikan Islam bersejarah dan terkenal seperti Universitas Hasan II Casablanca, Universitas Muhammad V di Kota Rabat, Institut Dar Al-Hadits Al-Hassaniyah. Universitas Quarauiyine (Al Qarawiyyin) merupakan universitas tertua di Maroko yang dibangun oleh Fatimah al-Fahriyah.
Salah satu Dai Indonesia yang pernah belajar di Maroko adalah Ustaz Abdul Somad (UAS). Beliau menempuh studi S2 di Institut Dar Al-Hadits Al-Hassaniyah Kota Rabat Maroko.
Adapun kota-kota besar di Maroko selain Rabat dan Casablanca di antaranya, Marrakesh, Tangier, Tetouan, Sale, Fes, Agadir, Meknes, Oujda, Kenitra, dan Nador.
5Fakta unik maroko: Akar budaya yang beragam
Maroko memiliki sejarah yang berbeda dengan negara-negara tetangganya. Di mana kebudayaannya merupakan campuran antara budaya Arab, Eropa, dan Berber. [@red, RPar)

#piala dunia #qatar2022 #sepak bola 2022 #berita bola

Related Posts

About The Author

kirim pesan
Tanyakan untuk bisa diliput indonews.tv
TANYAKAN DISINI JIKA TEMPAT ANDA INGIN DIPROMOSIKAN KE INDONEWS.TV (TELEVISi ONLINE MASA KINI)