JEJAK LELUHUR

Indonews.TV

Ditengah pandemi virus covid 19 ini, Peringatan malam tirakatan satu suro kall ini tetep di laksanakan dibeberapa daerah..misalnya didaerah sidokare kabupaten sidoarjo..
Di pesarean atau punden Kanjeng sunan lintang mukti didaerah sidokare ini, warga sekitar tetap melaksanakan tradisi budaya Jawa yaitu tirakatan malam satu suro yang bertepatan dengan Tahun baru islam atau tahun baru Hijriah 1442..
Tujuan diadakannya tirakatan malam satu suro ini yg juga bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini adalah wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas kemerdekaan bangsa ini dan uri-uri budaya Jawa.. Selain itu juga ada tradisi jamas pusaka atau memandikan senjata pusaka peninggalan leluhur..
Dalam acara tirakatan ini banyak dihadiri oleh warga dan sesepuh budayawan..Raden Mas Guntur santoso selaku juru kunci punden makam kanjeng sunan lintang mukti menjelaskan bahwa tradisi malam tirakatan satu suro ini dilaksanakan setiap tahunnya..Agar masyarakat sekitar tetap melestarikan budaya Jawa ini jangan sampai tergerus dengan kemajuan jaman..dan juga semoga warga masyarakat sehat selalu terbebas dari pagebluk virus corona saat ini..(herurekon/indonews.tv)