Museum Kreweng Desa Terung Wetang RT 5 RW 2, Kecamatan Krian, Sidoarjo,

klik disini dan jangan lupa like and subscribe https://www.youtube.com/c/indonewstvonline

Sidoarjo – indonews.tv – Kali ini team indonews.tv menyisir peninggalan Kerajaan di Jawa yang bertempat di Museum ini berada di Desa Terung Wetan RT 5 RW 2, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Museum ini berdiri pada pertengahan April 2020.

Museum yang belum tersentuh ini sangatlah sederhana keberadaannya. Biasanya kita mengenal nama Museum adalah identk dengan bangunan besar dan berisai berbagai benda penginggalan dari sejarah, akan tetapi museum yang satu ini sangatlah berbeda.
Namun Museum Kereweng ini masih beratapkan langit dan beralaskan tanah.
“Harapan saya untuk benda-benda bersejarah di Sidoarjo ini agar menyatukan misi untuk melestarikan cagar budaya di Sidoarjo khususnya, karena Sidoarjo merupakan Kerajaan besar peninggalan dari Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Jenggala dan seterusnya dampai sekarang ini masih kita jumpai jejak peradabannya, Mohon untuk Pemerintah Sidoarjo dari Dinas terkait agar segera membuat Perda tentang cagar Budaya, karena sampai saat ini Sidoarjo belum mempunyai Perda Budaya” Ujar Agus Mul, penggiat Budaya Sidoarjo.
Dalam Museum Kreweng terdapat berbagai benda-benda kuno yang sudah berbentuk kreweng, yang diduga peninggalan Kadipaten Terung di masa Kerajaan Majapahit sekitar abab ke14.

Menurut pendiri Museum Kreweng, Agus Mulyono, Museum ini diberi nama Kreweng karena terdapat pecahan atau fragmen diduga peninggalan Kadipaten Terung. “Museum diberi nama Kreweng ini yang artinya pecahan-pecahan gerabah atau tembikar. Yang ditemukan di sekitar lokasi yang diduga tempatnya Kadipaten Terung di masa Kerajaan Majapahit,” kata Agus Mul kembali menjelaskan.


Di Museum Kreweng pada sekitar Oktober 2012 pernah ditemukan situs bersejarah hunian tanpa atap berupa tumpukan batu bata. Dengan kedalaman 2 meter yang diduga peninggalan masa Kerajaan Majapahit yang sampai sekarang terendam air karena penggaliannya cukup dalam dan tidak bisa mengeluarkan air yang menggenang akbibat air yang terus keluar dari tanah.

Tidak jauh dari Museum Kreweng tersebut terdapat makam Putri Ayu Oncat Tondo Wurung (bisa dilhat di tayangan https://indonews.tv/2022/07/05/situs-kuno-makam-raden-ratu-ayu-ontjat-tondo-wurung/). Ia anak kandung dari Adipati Terung yang bernama R Husaen, adik R Fatah yang merupakan Raja Demak Bintoro. (@indonews.tv, Producer bramhayomi. Kameraman jhonheru, Presenter Endira J)

Related Posts

About The Author

Add Comment

kirim pesan
Daftar Produksi Sinetron Web Series
TEMPAT YG TEPAT UTK PROMOSI PRODUK/USAHA/PERUSAHAAN/
LEMBAGA/KAMPUS/PROFESI ANDA, PERCAYAKAN KEPADA KAMI -INDONEWS.TV, TELEVISi ONLINE MASA KINI