Fungsi Vitamin yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh.

Indonews.tv. Dikutip dari berbagai informasi, kali ini editor special memberikan informasi tentang manfaat vitamin secara umum untuk kesehatan tubuh.
Vitamin sendiri memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh.
Vitamin bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan atau ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayur-sayuran di sekitar.
Fungsi vitamin memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi vitamin secara berlebihan terutama untuk jenis vitamin larut lemak. Kelebihan vitamin dalam tubuh menyebabkan keracunan vitamin yang dapat merusak organ.
Manfaat vitamin untuk tubuh sendiri diantaranya menunjang kerja organ-organ dalam tubuh supaya bekerja lebih maksimal. Vitamin sendiri memiliki banyak sekali jenis dan fungsinya.
Berikut lima manfaat vitamin bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari website p2ptm Kemkes.
1. Mengurangi pilek
Kandungan vitamin dalam buah atau makanan sehat lainnya bisa mengurangi pilek. Bukan saja mengurangi pilek tapi juga mencegahnya menjadi komplikasi yang lebih serius seperti pilek kronis yang ujungnya menjadi infeksi saluran pernafasan.
2. Meningkatkan mood
Saat Anda merasakan mood yang kurang baik atau merasakan gelisah yang tidak tahu penyebabnya, coba mengonsumsi buah atau sayur yang memiliki vitamin, apalagi vitamin C. kandungan vitamin yang dikonsumsi tubuh juga akan memengaruhi perasaan dan cenderung menstabilkan mood yang sedang kacau.
3. Mencegah penuaan dini
Vitamin membantu menghambat sel – sel yang menua sehingga mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, vitamin sendiri menjadi populer di kalangan perempuan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Vitamin akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan hingga mencerahkan warna kulit.
4. Menjaga kesehatan mata
Jangan mengira hanya vitamin A saja yang bisa menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin apapun dalam makanan sehat mengandung khasiat yang bisa menjaga sel-sel dalam mata.
5. Memperbaiki jaringan sel kulit
Untuk menjaga kesehatan kulit, zat antioksidan sangatlah dibutuhkan. Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta toxin yang terdapat dalam makanan merupakan musuh utama kesehatan kulit. Kandungan vitamin berfungsi sebagai zat yang menangkal radikal bebas tersebut. (@red)

Related Posts

About The Author

Add Comment

kirim pesan
Daftar Produksi Sinetron Web Series
TEMPAT YG TEPAT UTK PROMOSI PRODUK/USAHA/PERUSAHAAN/
LEMBAGA/KAMPUS/PROFESI ANDA, PERCAYAKAN KEPADA KAMI -INDONEWS.TV, TELEVISi ONLINE MASA KINI