SENIMAN LUDRUK SUROBOYO GELAR CHARITY UNTUK CAK SAPARI, LEGENDA LUDRUK SUROBOYO.

Surabaya-indonews.tv- Jika anda mengaku arek suroboyo tentunya tau Ludruk, dengan gaya khasnya Lurdruk sering menghiasi pementasan dimana-mana, baik dikampung-kampung atau acara-acara perkantoran, juga dipentaskan secara rutin di Gedung THR Suroboyo.
Itulah sepintas cerita Ludruk itu sendiri di Jaman 20 tahunan yang lalu, Ludruk masih menjadi ikon kota Surabaya.
Bagaimana dengan sekarang ? generasi sudah berganti , kalo dulu menggunakan Tobong (istilah tempat tampilnya Ludruk) sekarang bermain digital. Akankah Ludruk akan musnah ditelan zaman ?
Dan berita terakhir yang kita dengar adalah tokoh senior legendaris ludruk sekaligus lawak Cak Sapari terbaring Sakit sudah 8 bulan dan tidak terendus oleh teman-teman dekatnya (selain factor Pandemi Covid 19 kemarin) juga tidak adanya kegiatan manggung yang di lakoni oleh Cak Sapari yang merupakan team inti anggota kelompok ludruk dan lawak Kartolo CS.
Adalah Luntas (Antara lain ada Robert Bayoned bersama rekan-rekan lainnya), bersama Balada Barisan Ludruk Sidoarjo menggelar Ludrukan Charity yang bertempat di Warung Mbah Cokro Surabaya, Sabtu (18/6).
Penonton dari berbagai usia datang menonton pertunjukan tersebut. Suguhan parodi lawakan Kartolo CS dibawakan oleh Grup Luntas bersama Balada Barisan Ludruk Sidoarjo
Rasa kangen terlihat kental di dialog para penonton, yang kadang mengomentari “Lucu Rek maleh iling jamane cilikanku disik” (lucu ya jadi ingat masa kecilku dulu), Para penonton tampak tertawa terbahak-bahak lantaran sang pemain melontarkan guyonan yang sangat kental dengan ciri khas arek Suroboyo.
Para penonton sengaja dihimbau yang ikhlas untuk menyumbangkan sebagaian rejekinya untuk pengobtan Cak Sapari. yang hadir turut serta menyumbang sebagian rezekinya demi Cak Sapari. Mereka ingin pelawak legendaris itu kembali sembuh serta beraktivitas seperti sedia kala. Penasehat Luntas Jadi Galajapo menuturkan tujuan diadakannya Ludrukan Charity ini untuk membantu teman sesama seniman yang sedang mendapat musibah. “Acara itu memang bertujuan sebagai amal. Yang nantinya dari hasil Charity yang didapat akan diberikan kepada Cak Sapari,” Ujar Jadi.
Jadi menyampaikan sang legenda ludruk Cak Sapari kini sedang terbaring lemah melawan penyakit diabetes yang dideritanya. “Semoga lekas sembuh legenda ludruk Surabaya,” ucap Cak Jadi kembali.
(@bramhayomi- kameraman-jhonheru-indonews.tv)

Related Posts

About The Author

Add Comment

kirim pesan
Daftar Produksi Sinetron Web Series
TEMPAT YG TEPAT UTK PROMOSI PRODUK/USAHA/PERUSAHAAN/
LEMBAGA/KAMPUS/PROFESI ANDA, PERCAYAKAN KEPADA KAMI -INDONEWS.TV, TELEVISi ONLINE MASA KINI