VAKSIN DI SEKOLAH-SEKOLAH, ANGIN SEGAR DUNIA SEKOLAH AKAN DIMULAI TATAP MUKA

Surabaya Indonews.tv – Dimulai pukul 07:00 Wib, SMPN 24 yang biasanya sepi dengan aktifitas, hari ini 30 Agustus 2021 Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Kota Surabaya dijadikan tempat melakukan vaksinasi untuk anak Sekolah Dasar dan SMP se Kecamatan Karangpilang terlihat Rame dengan anak-anak dan orang Tua Siswa yang mengantar.

Dari pantauan indonews.tv “masyarakat sudah mengerti tentang protokol kesehatan yang harus dijalankan, sehingga tidak memberikan kerja extra bagi tenaga keamanan dan Guru untuk mengarahkan siswa dan orang tua untuk prokes yang harus dijalankan, Ujar Imron Koordinator Keamanan SMPN 24 Kota Surabaya, Yang Siang itu hadir dilokasi lengkap dari unsur Forkompinda Kecamatan Karangpilang.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengizinkan pembelajaran tatap muka pada awal September, biarpun timbul kritikan dari kalangan guru hingga pakar kesehatan. Menurut mereka, belajar tatap muka bisa dilaksanakan jika ditunjang dengan vaksinasi minimal 70 persen di tiap satuan Pendidikan, dikarenakan kekawatiran akibat perilaku yang muncul tidak sebanding dari keinginan yang muncul.

Tapi Kemendikbudristek mengatakan pihaknya tidak bisa menunggu program vaksinasi tuntas untuk membuka sekolah. Sebab pembelajaran jarak jauh atau daring dinilai memberatkan para siswa dan guru.
Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah di Kemendikbudristek, Jumeri, mengatakan pembelajaran tatap muka bakal diselenggarakan di sekolah-sekolah yang wilayahnya masuk dalam PPKM level 1 hingga 3. Dasar pertimbangannya, kata dia, karena transmisi penularan virus corona di daerah tersebut relatif rendah, begitu pula catatan kasus positif dan angka kematian. “Makanya kalau saya berkunjung ke daerah sering ada pertanyaan, kapan dibuka sekolah karena sudah siap. Itu pemdanya yang ngomong,” ujar Jumeri yang dikutib dari BBC News Indonesia, Minggu (22/8/2021).

Kendati begitu, pembukaan sekolah ini tidak harus menunggu program vaksinasi untuk usia 12-17 tahun tuntas. Jika seluruh guru sudah divaksin, maka sekolah wajib dibuka. Bahkan bagi siswa yang belum divaksin pun, bisa mengikuti pembelajaran tatap muka asalkan ada persetujuan dari orang tua murid dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebab jika menunggu program vaksinasi selesai membutuhkan waktu lama. “Kita tidak mengarah ke sana hingga vaksinasi tuntas]. Kalau nunggu kapan vaksin tuntas? Anak-anak kita harus segera belajar.” “Kalau menunggu vaksinasi akan panjang dan lama banget, target kita itu 26,7 juta.” Catatan Kementerian Kesehatan per 18 Agustus 2021, sasaran vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun baru mencapai 2,4 juta untuk dosis pertama dan 917.000 untuk dosis kedua.

Terlihat juga antusias guru dan segenap petugas kesehatan sangatlah sigap dalam melayani anak-anak yg datang untuk vaksin siang itu dimana saat itu ada satu inseden satu siswi yang pingsan dan setelah dikonfirmasi oleh Indonews.tv bahwa anak tersebut belum sarapan pagi, padahal walikelas masing sudah mewanti-wanti untuk sarapan pagi sebelum berangkat melakukan vaksin pagi itu.

“Kami sudah menyiapkan petugas keamanan dari sekolah dari mulai pintu depan untuk melakukan cek suhu sampai cuci tangan selain petugas keamanan sekolah juga dibantu Guru yang stanby di lokasi-lokasi untuk mengawasi proses vaksin pagi ini” Ujar Imron Koordinator Keamanan SMPN 24 Surabaya.

Senada juga dikatakan oleh Hari Iswara. S.Pd. sebagai Wakil Kepala sekolah “ Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pihak Dinas Pendidikan Kota Surabaya juga dari Kecamatan Karangpilang serta Kelurahan Kebraon dan Masyarakat umumnya yang telah mempercayakan tempat Kami dijadikan tempat Vaksin masal untuk anak SD sampai SMP ini”  (bramhayomi-indonews.tv)

Inilah jadual Kegiatan Vaksinasi Massal Pelajar SD dan SMP se-kecamatan Karangpilang (D1 Sinovac)
Hari : Senin
Tanggal : 30 Agustus 2021
Jam : 08.00 s.d selesai
Lokasi : Halaman SMPN 24 Surabaya
Sasaran :
Siswa sekolah SD-SMP di wilayah kecamatan Karangpilang yang berusia 12 tahun atau lebih
* SD : 469 siswa
* SMP : 1790 siswa
* Total : 2259 siswa

Related Posts

About The Author

Add Comment

kirim pesan
Daftar Produksi Sinetron Web Series
TEMPAT YG TEPAT UTK PROMOSI PRODUK/USAHA/PERUSAHAAN/
LEMBAGA/KAMPUS/PROFESI ANDA, PERCAYAKAN KEPADA KAMI -INDONEWS.TV, TELEVISi ONLINE MASA KINI