PRESIDEN JOKO WIDODO MENERIMA KUNJUNGAN BILATERAL PERDANA MENTERI VIET NAM, ISTANA BOGOR 23-4-2021

, PRESIDEN JOKO WIDODO MENERIMA KUNJUNGAN BILATERAL PERDANA MENTERI VIET NAM, ISTANA BOGOR 23-4-2021,

Presiden RI, Joko Widodo menerima kedatangan Perdana menteri (PM) Vietnam, Phạm Minh Chính di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat sore, 23 April 2021.

Kedatangan PM Vietnam ini dalam rangka menghadiri ASEAN Leaders Meeting (ALM) yang akan digelar pada Sabtu, 24 April 2021 di Jakarta.

Dalam pertemuan bilateral dua negara tersebut Menteri Dalam Negeri, Retno Marsudi dalam siaran pers melalui akun resmi Sekretariat Presiden mengatakan, Presiden Jokowi fokus pada 4 isu.

” Yang pertama mengenai pentingnya penguatan kerjasama kesehatan. Kesehatan adalah hal utama dan kapan pandemi ini akan berakhir, belum diketahui. Oleh karenanya kerjasama di bidang kesehatan menjadi sangat penting”, kata Retno.

Presiden juga meminta kedua negara untuk menyerukan
kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Serta menciptakan ketahanan kesehatan di Asia Tenggara.

Yang kedua, Presiden juga menegaskan pentingnya kerjasama bidang ekonomi. Presiden mengajak negara Vietnam untuk menurunkan hambatan di bidang perdagangan dan investasi.

Yang ketiga, Presiden menekankan pentingnya percepatan perundingan perbatasan zona ekonomi eksklusif. Perundingan tersebut, kata Retno telah berlangsung selama 11 tahun dan presiden meminta untuk mempercepat penyelesaian perundingan. Dan presiden juga menyarankan agar tim teknis kedua negara dapat segera berunding kembali dan menyelesaikan negosiasi.

Dan isu yang keempat dalam pertemuan bilateral Indonesia dan Vietnam terkait dengan perkembangan situasi di Myanmar. Presiden Jokowi dan PM Vietnam menyampaikan keprihatinan atas berlanjutnya kekerasan di Myanmar yang terus berlanjut yang mengakibatkan bertambahnya korban jiwa.

Dalam Hal ini, Perdana Menteri Vietnam yang baru dilantik pada 5 April 2021 ini berharap, kekerasan yang terjadi di Myanmar harus segera dihentikan. Begitu juga Presiden Jokowi, dalam isu Myanmar Jokowi meminta kekerasan dan penggunaan senjata harus dihentikan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah dan dialog inklusif harus segera dilakukan agar stabilitas keamanan di Myanmar dapat kembali normal.

Indonesia dan Vietnam berharap ASEAN Leaders Meeting (ALM) yang digelar pada Sabtu, 24 April 2021 dapat menghasilkan kesepakatan yang terbaik bagi rakyat Myanmar. (diantama-indonews.tv)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *