Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Menjelang Paskah

Makassar – Indonesia kembali diguncangkan dengan aksi bom bunuh diri pada hari Minggu, 28 Maret 2021, di Gereja Katedral Makassar, sebuah gereja tertua di Sulawesi yang menjadi simbol toleransi antar umat beragama.

Kejadian tersebut terjadi pada saat gereja tersebut melaksanaan Minggu Palma sebelum Paskah.
Peristiwa tersebut terjadi pada saat jeda antara ibadah kedua dan ketiga di gereja tersebut.
Pastor Wilhelminus Tulak yang tengah memimpin acara tersebut menuturkan ada dua pelaku naik motor memaksa masuk ke dalam gereja. Pihak keamanan pun menghalangi kedua pelaku hingga akhirnya bom meledak.

Jumlah korban bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, per pukul 17.00 WITA. Korban luka menjadi 20 orang. Sementara korban tewas berjumlah dua orang.

Setelah insiden bom bunuh diri di Makassar, beredar foto seorang laki-laki mengendarai sepeda motor matic berboncengan dengan seorang wanita. Motor dengan nopol DD 5984 MD tersebut tampak hancur. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menjelaskan, penyelidikan masih terus dilakukan termasuk mengungkap pelakunya lainnya. Pelaku merupakan bagian dari kelompok JAD yang pernah melakukan pengeboman di Jolo, Filipina.

Selain mengungkap identitas terduga pelaku, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan masyarakat tidak usah panik karena anggota Polri dengan didukung oleh personel TNI menjamin keamanan masyarakat, khususnya dalam rangkaian perayaan Paskah.

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *